Senin, 6 Mei 2024

Atasi Kekeringan, Mensos Perintahkan Distribusi Raskin September Mendatang

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial memerintahkan agar kepala daerah segera mengeluarkan Surat Perintah Alokasi (SPA) sehingga beras bagi warga miskin (raskin) segera didistribusikan pada September mendatang untuk mengatasi kekeringan.

“Saya minta tolong kepada seluruh bupati, wali kota se Indonesia sesegera mungkin mengeluarkan SPA kepada Divre Bulog supaya per 1 September raskin terdistribusi merata,” kata Mensos di Banten, Sabtu (8/8/2015) seperti dilansir Antara.

Berdasarkan laporan Bulog, stok raskin saat ini sebanyak 1,5 juta ton sehingga dipastikan persediaannya mencukupi dan aman.

Sementara kebutuhan raskin selama setahun kurang lebih sekitar 2,7 juta ton, tapi dengan masuknya musim panen maka kebutuhan tersebut bisa dipenuhi.

“Bila ada kekhawatiran akan kemarau panjang yang terjadi yang berdampak pada stok raskin, itu janganlah dikhawatirkan lagi karena stok raskin aman,” ujar Mensos.

Sejumlah daerah mengalami kekeringan akibat dampak kemarau dan pengaruh El Nino. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan sebagian besar wilayah di Pulau Jawa berwarna coklat atau mengalami kekeringan. (ant/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs