Senin, 6 Mei 2024
Ancaman PHK Massal

Karyawan dan Perusahaannya Harus Bersatu Selamatkan Perusahaan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Karyawan dan perusahaannya harus bersatu untuk menyelamatkan perusahaannya. Upaya ini dilakukan di tengah pelemahan rupiah yang mengancam keberlangsungan perusahaan.

Didik Bagio Utomo anggota Kerjasama Bipartit Sidoarjo mengatakan, ancaman itu misalnya perusahaan harus melakukan efisiensi karyawan dengan cara PHK.

“Lembaga kerjasama bipartit Sidoarjo akan melakukan pertemuan menyikapi hal ini sejaligus mengambil langkah yang perlu dilakukan,” kata Didik yang juga Wakil Ketua SPSI Sidoarjo pada Radio Suara Surabaya.

Didik menjelaskan, dari sisi pekerja mereka harus tahu diri dan banyak berkomunikasi dengan perusahaan. “Yang dulu ada jurang pemisah tapi sekarang mereka harus bersatu menyelamatkan perusahaan,” ujar dia.

Mau tidak mau, lanjut dia, semua kepentingan harus disatukan dan tidak bisa lagi parsial. Karena jika parsial sangat tidak menguntungkan.

Sementara itu, terkait perbaikan upah karyawan, kata dia, memang diharapkan semua pekerja. Tapi dalam kondisi seperti ini yang paling penting adalah upaya untuk menyelamatkan perusahaan.

“Pemerintah juga harus bertindak cepat tapi sayang ada banyak daerah yang dipegang oleh Plt sehingga mereka tidak bisa mengambil keputusan strategis,” katanya.(dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs