Senin, 29 April 2024

Kongres Ekonomi Biru akan Digelar di Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Sebanyak 400 peserta dari berbagai negara dipastikan hadir dalam Kongres Ekonomi Biru atau World Congress on Blue Economy 2015 yang akan digelar di Surabaya pada 13-15 April 2015 mendatang.

Dewi Smaragdina, Pendiri Yayasan Ekonomi Biru Indonesia, Senin (6/4/2015) menjelaskan, kongres yang akan digelar di Surabaya ini merupakan kongres yang ke-9. “Ini istimewa karena biasanya kongres ini digelar di Spayol. Baru kali ini dilakukan di Indonesia,” kata Dewi.

Menurut dia, Ekonomi Biru adalah sebuah konsep baru yang lebih ramah lingkungan dibandingkan ekonomi hijau yang selama ini sering dikampanyekan.

“Ekonomi biru ini konsep bagaimana limbah bisa dijadikan bahan produksi. Kalau ekonomi hijau belum sapai memanfaatkan limbah, tapi ini lebih pada pemanfaatanya untuk keberlanjutan,” kata Dewi.

Kongres sendiri, sedianya akan dibuka oleh Inroyono Soesilo, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman pada tanggal 13 April 2015. Seluruh peserta rencananya juga akan dijamu dulu dalam sebuah upacara penyambutan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Dalam Kongres ini, selain akan diisi beragam seminar mengenai ekonomi biru, para peserta juga akan diajak untuk mendengarkan sukses story para pengusaha yang telah memanfaatkan sistem ekonomi biru. Selain itu, peserta juga akan diajak field trip ke kawasan hutan Mangrove Pasuruan. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs