Senin, 29 April 2024

Menteri BUMN Kejar Target 4 Juta Ton Produksi Gula 2018

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Rini Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) . Foto : Dodi suarasurabaya.net

Rini Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan Indonesia hingga kini masih kesulitan untuk mewujudkan swasembada gula. Padahal, menurut Rini, kualitas dan kesuburan lahan yang dimiliki oleh Indonesia seharusnya mampu dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan gula di dalam negeri.

“Total, konsumsi gula rumah tangga Indonesia itu 3,2 juta ton per tahun. Sementara kita hanya mampu memproduksi 2,5 juta ton dalam setahun. Yang harus kita tingkatkan adalah bagaimana hasil on farm bisa lebih tinggi lagi. Saya tagih kepada asosiasi untuk bisa produksi gula setidaknya 4 juta ton di tahun 2018. Mereka (asosiasi) sudah menyanggupi” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja, Selasa (22/12/2015) di Surabaya.

Maka dari itu, Rini mengimbau agar lembaga-lembaga bank BUMN bisa bersinergi dengan para petani-petani yang ada di Indonesia.

“Pabrik-pabrik gula bersinergi dengan bank BUMN. Supaya bisa mendorong petani untuk maju dengan memfasilitasi pembiayaan melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat),” ujar dia.

Rini menuturkan sinergitas antara lembaga bank BUMN dengan para petani kelak diharapkan bisa membuat Indonesia swasembada gula secara total.

“Kalau sudah difasilitasi, mendapatkan pendanaan, dan pupuk cukup tersedia, saya yakin kita bisa swasembada gula secara total,” ujar Rini.(dop/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs