Minggu, 5 Mei 2024

Ekonomi Global, Politisi dan Government Wajib Kompak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Alim Markus Presiden Ditrektur Maspion Grup saat hadir di Untag Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Politisi dan pemerintah diminta kompak, dalam memberlakukan peraturan-peraturan, sehingga memberikan keringanan dan kemudahan bagi pelaku perekonomian, demikian kata Soekarwo Gubernur Jawa Timur.

“Era ekonomi global menghendaki setiap elemen masyarakat dan negara, termasuk para politisi dengan government mampu menjaga kekompakan,” kata Gubernur.

Lebih lanjut Soekarwo menambahkan, saat ini politisi dan pemerintahan masih belum kompak. Itu dibuktikan dengan masih belum munculnya kesamaan pandangan terkait dengan berbagai keputusan ekonomi yang ada.

Akibatnya, pelaku ekonomi mengalami kendala dalam proses persaingan dipasar bebas atau pasar global. “Kondisi ini jelas merugikan. Pelaku ekonomi tidak dapat beraktivitas secara global juga,” kata Soekarwo.

Padahal untuk bisa sampai pada pereknomian global maka sejumlah persyaratan harus dipenuhi. Mulai dari strandar baku mutu sampai dengan standar produk harus terukur, agar persaingan di pasar global bisa dikuti.

Sementara itu Alim Markus Presiden Direktur Maspion Grup mengatakan, persaingan bebas di pasar global memang mengharuskan pelakunya memiliki persiapan matang agar tidak hanya menjadi penonton dalam persaingan itu.

“Selain menguasai kemampuan dan keterampilan, pekerja memang wajib memahami bagaimana ekonomi global itu berjalan. Dan politisi bersama pemerintah harus berjalan seiring memberikan dukungan bagi pelaku ekonomi,” kata Alim Markus.

Jika tidak, lanjut Alim Markus maka pelaku ekonomi ditengah ekonomi global hanya akan menjadi komoditas semata. “Justru bukan menjadi pemain utamanya. Hanya sebatas jadi komoditas sja. Ini menyedihkan,” tutup Alim Markus, Senin (18/1/2016)(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs