Minggu, 27 September 2020

Penerapan Keselamatan Kerja Terhadap Karyawan adalah Harga Mati

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Edi Priyanto Kepala Humas Pelindo III. Foto: Abidin/Dok. suarasurabaya.net

Semangat penyelenggaraan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional tahun 2016 terus digelorakan di berbagai perusahaan, industri dan instansi pemerintah di Indonesia.

Termasuk salah satu BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang mengadakan serangkaian kegiatan secara serentak di lingkungan kerjanya baik cabang pelabuhan maupun anak perusahaannya tahun ini.

“Untuk menciptakan lingkungan kerja yang benar-benar aman adalah hal yang tidak mudah, namun demikian penerapan keselamatan kerja adalah harga mati,” kata Edi Priyanto Kepala Humas Pelindo III, Selasa (26/1/2016).

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan Pelindo III dalam bulan K3 tersebut diantaranya adalah menyelenggarakan kegiatan seminar dan lokakarya K3. Mengundang akademisi K3, Disnaker kota setempat dan praktisi K3 di perusahaan dengan melibatkan peserta dari  tenaga kerja bongkar muat, petugas operasional, perwakilan perusahaan bongkar muat dan para stakeholder lainnya di Pelabuhan.

“Penyelenggaraan salah satunya dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, Banjarmasin, Tanjung Emas, Benoa, Tanjung Intan, Tenau Kupang, Sampit, Lembar, Kumai dan Kotabaru. Sedangkan kegiatan pada anak perusahaan dijadikan kegiatan bersama di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ujarnya.

Edi mengatakan, tema bulan K3 Nasional tahun 2016 ini adalah “Tingkatkan budaya K3 untuk mendorong produktivitas dan daya saing di pasar internasional”. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan dalam pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mencapai pelaksanaan budaya K3 secara optimal disetiap kegiatan usaha, meningkatkan penerapan K3 menuju masyarakat mandiri berbudaya K3.

“Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut dapat dicapai penurunan tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,  terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas dan terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3,” katanya.(dop/iss/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Minggu, 27 September 2020
34o
Kurs