Kamis, 2 Mei 2024

Pasar e-Commerce di Indonesia Masih Berkembang, Banyak Investor China Berminat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Denny William General Manager J&T Alibaba Jawa Timur saat menyampaikan materinya di acara Suara Surabaya Economic Forum (SSEF), Jumat (8/12/2017). Foto: Suara Surabaya Media

Denny William General Manager J&T Alibaba Jawa Timur menyampaikan paparan yang dia beri judul “Ikan Besar dan Ikan Kecil” di ajang Suara Surabaya Economic Forum (SSEF), Jumat (8/12/2017).

Denny menyatakan bahwa bisnis hari ini menurun seiring perkembangan dunia digital. Ratusan perusahaan di Batam dan Jakarta tutup.
Sebanyak 38 persen di antaranya karena tidak mampu beroperasi.

Tapi dalam kondisi demikian, investor asing terutama dari China justru banyak yang masuk ke Indonesia. Ini karena potensi pasar e-commerce di Indonesia masih akan terus berkembang.

Transaksi online di Indonesia menurut data yang dia miliki, hanya sekitar 2 persen. Padahal pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah sebanyak 10 persen.

Tutupnya banyak perusahaan di Indonesia kata Denny, sebenarnya bukan karena pengaruh daya konsumsi yang turun drastis. Seperti yang banyak disebutkan juga oleh Joko Widodo Presiden beberapa waktu lalu cara belanja saat ini yang berubah.

Potensi pasar e-commerce Indonesia inilah yang dibaca oleh investor China.
Pasar e-commerce di Indonesia sedang berkembang. Apalagi usia warga Indonesia saat ini kata Denny rata-rata 28 tahun. Usia yang sangat berkaitan dengan internet dan tentunya dengan e-commerce.

Untuk itulah Denny memberikan beberapa tips kepada pebisnis hari ini, salah satunya pebisnis harus bisa membedakan antara website dengan situs e-commerce.

Menurutnya banyak hal yang harus dilakukan oleh pebisnis di era digital ini.
Yakni dengan mempelajari semua hal berkaitan dengan ekonomi digital sehingga mampu beradaptasi.

Sekadar diketahui, Suara Surabaya Media bersama Pelindo III mempersembahkan Suara Surabaya Economic Forum yang membahas lanskap bisnis di tahun 2018. Kegiatan ini digelar di Grand City Convex Surabaya, Jumat, 8 Desember 2017. Bertepatan dengan akhir tahun 2017, kegiatan ini dapat menjadi salah satu referensi mendapatkan gambaran skema perekonomian di tahun 2018 mendatang.

Para pembicara di antaranya Prof. Rhenald Kasali, Ph.D Founder Rumah Perubahan; Faisal Basri Pakar Ekonomi; Kresnayana Yahya Bisnis Analis dan Ahli Statistik; dan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra President Director PT Pelindo III.(den/ipg)

Teks Foto:
– Denny William General Manager J&T Alibaba Jawa Timur menyampaikan paparan yang dia beri judul “Ikan Besar dan Ikan Kecil” di hadapan peserta Suara Surabaya Economic Forum (SSEF), Jumat (8/12/2017).
Foto: Denza suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs