Sabtu, 18 Mei 2024

Bulog Jatim Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Saat Ramadhan-Lebaran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Jatim memastikan ketersediaan beras, aman hingga 10 bulan ke depan. Bisa dipastikan kebutuhan bahan pokok saat ramadhan dan lebaran aman.

Muhammad Hasyim Kepala Bulog Divre Jatim mengatakan, total beras Bulog saat ini sebanyak 221.138 ton, kemudian komoditas lainnya seperti gula yang dimiliki Bulog mencapai 33.890 ton, tepung terigu 108 ton, dan minyak goreng tercatat sebanyak 819.335 liter.

“Nah stok tersebut, untuk pengamanan harga, untuk suplay ke pasar, saya pikir sangat cukup,” ujarnya, Rabu (2/5/2018).

Bulog Divre Jatim berharap, kata Hasyim, masyarakat tidak khawatir ketersediaan stok bahan pokok khususnya jelang Ramadhan, kemudiaan saat Ramadhan, hingga Lebaran mendatang.

Untuk mengantisipasi gejolak harga pasar, Bulog juga akan menerapkan Operasi Pasar (OP). Menurut Hasyim, OP tidak hanya dilakukan Bulog ketika jelang Ramadhan dan hari besar, namun terus dilakukan ketika harga mulai merangkak naik.

“Sesuai dengan Surat Menteri Perdagangan, Perum Bulog itu tidak berhenti melakukan Operasi Pasar. Sejak Oktober kemarin, itukan Bulog terus menggelontorkan beras ke pasar,” katanya.

Khusus Ramadhan nanti, model OP akan berbeda. Jika OP sebelumnya, Bulog menjual langsung empat komoditas yakni Beras, Minyak Goreng, Gula, dan Terigu. Untuk tahun ini Bulog bekerjasama dengan para pedagang di pasar.

“Jadi kita mensuplay ke pedagang eceran di pasar, merekalah yang menjual. Tentunya kita kasih margin, dan harga tidak boleh dijual di atas harga pasaran,” kata Hasyim.

Sementara itu, berdasarkan pantau di pasar tradisional di Surabaya, salah satunya pasar Pacar Keling, harga beras medium masih stabil berada di kisaran Rp 9ribu, harga ini masih di bawah Harga eceran tertinggi (HET). (bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs