Selasa, 30 April 2024

Keripik Ubi Ungu Dapat Penghargaan Cemilan Terbaik di New York

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Keripik ubi ungu produksi perusahaan Indonesia meraih penghargaan Silver, menjadi juara peringkat dua lomba makanan camilan terbaik, dalam Specialty Outstanding Food Innovation (SOFI) Awards kategori Savory Snack pada pameran Summer Fancy Food Show (SFFS) 2018 yang berlangsung di Javits Convention Center, New York, Amerika Serikat (AS).

Reza Pahlevi Atase Perdagangan Indonesia di Washington DC mengatakan, keripik ubi ungu berhasil menembus pasar AS dan mendapat penghargaan karena mampu menyesuaikan diri dengan pasar negara tujuan.

“Pemberian penghargaan kepada keripik ubi ungu produksi perusahaan Indonesia ini menjadi contoh keberhasilan produk Indonesia di luar negeri. Dalam hal ini, produsen berhasil menyesuaikan produknya dengan pasar specialty food AS yang lekat dengan predikat produk sehat,” kata Reza dalam keterangan tertulis, Rabu.

Reza mengungkapkan produk keripik ubi ungu yang memenangkan penghargaan di ajang SFFS, merupakan pameran makanan dan minuman terbesar untuk produk specialty food di Amerika Utara, adalah Organic Purple Sweet Potato produksi Jans Enterprise.

Produk tanpa perasa tambahan dan pengawet yang dibuat dari ubi ungu organik asal Jawa Barat dan minyak kelapa organik itu sudah mendapat sertifikat organik dari Departemen Pertanian Amerika Serikat sebagai produk yang bebas gluten, ramah vegan, dan bebas rekayasa genetik.

Budi Bowoleksono Duta Besar RI di Washington DC mengatakan, bahwa specialty food merupakan pasar dengan segmen tertentu yang potensial di Amerika. Saat ini konsumen semakin peduli dengan produk yang sehat, mengedepankan pelestarian lingkungan, dan diketahui proses penanaman, pemrosesan, serta pengemasannya.

“Selain itu juga serta berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat. Saya turut bangga melihat produk-produk mamin Indonesia telah diterima di pasar AS, bahkan berhasil menerima penghargaan,” kata Budi dilansir Antara.

Selain itu, keripik ubi ungu, produk keripik daun singkong produksi Nanduto Home Cooking juga mendapat sorotan dalam pameran SFFS 2018. Cassava Leaves Chips masuk dalam daftar Specialty Food Association (SFA) Trendspotter Panel sebagai salah satu makanan “emerging trends on the radar” berbahan baku tumbuhan.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs