Rabu, 1 Mei 2024

PPBMI Siap Dukung Tol Laut dan Tekan Biaya Logistik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Capt Priyanti Ketua DPW PPBMI Jatim (kiri) berjabat tangan dengan Capt Epyradi Asda MMar Ketua Umum PPBMI (kanan) dalam pengukuhan Pengurus PPBMI Indonesia bagian tengah, di Surabaya, Kamis (11/1/2018). Foto: Antara

Para pelaku usaha yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (PPBMI) siap mendukung program pemerintah mewujudkan tol laut dan menekan biaya logistik yang selama ini dinilai masih tinggi.

“Kita siap mendukung program pemerintah mewujudkan tol laut dan menekan biaya logistik,” kata Capt. Epyardi Asda M Mar Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (PPBMI), saat mengukuhkan pengurus PPBMI Indonesia bagian tengah masa bakti 2018-2023, di Surabaya, Kamis (11/1/2018), dilansir Antara.

Menurut dia, PPBMI sebagai bagian dari mata rantai logistik memiliki peran strategis dalam mewujudkan program tol laut maupun menekan biaya logistik yakni dengan meningkatkan kinerja dan produktivitas sehingga perputaran barang lebih cepat dan lancar.

Meskipun, ia mengakui, pergerakan barang tidak hanya dipengaruhi kelancaran bongkar muat barang di pelabuhan, tapi juga kelancaran arus barang di darat.

Oleh karena itu, Epyardi berharap semua pihak yang terlibat dalam kegiatan logistik bisa bahu-membahu agar tol laut dan biaya logistik yang lebih rendah bisa terwujud.

Luhut Binsar Pandjaitan Menko Bidang Maritim dalam paparan kinerja tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK mengemukakan bahwa rata-rata biaya logistik Indonesia masih sekitar 14,1 persen, jauh lebih tinggi ketimbang Jepang yang hanya 4,9 persen.

Sementara itu, menyinggung keberadaan PPBMI dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) yang telah ada sebelumnya, Epyardi menilai tidak ada masalah, dan bukanlah dualisme kepengurusan.

Dalam kesempatan itu dikukuhkan pengurus DPW PPBMI Makassar, Lampung, Jatim, Kalselteng dan Bali, serta 12 DPC PPBMI yakni Cilacap, Brondong, Gresik, Pacitan, Probolinggo, Banyuwangi, Kalianget, Celukan Bawang, Kota Baru, Tanah Laut, Pangkalan Bun dan Sampit. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs