Selasa, 28 Mei 2024

Harga Bawang Putih Masih Bertengger di Angka Rp70 Ribu per Kg

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Foto: dok suarasurabaya.net

Harga komoditas bawang putih di beberapa pasar tradisional di Surabaya, Selasa (7/5/2019) masih berada di kisaran Rp70 ribu per kilogram. Sebelumnya harga bawang putih dikisaran Rp100 ribu per kilogram jelang Ramadhan kemarin.

“Sekarang 70 ribu per kilogram. Sebelum Ramadhan 100 ribu, turun 90 ribu, terus naik lagi. Tidak stabil harganya, repot. Katanya di pasar lain-lain harganya,” ujar Wahyu pemilik kios mracangan.

Ditemui di pasar Mangga Dua, Jagir, Wahyu menyampaikan kalau harga-harga sejumlah komoditas, seperti bawang merah, bawang putih, telur menjelang Ramadhan dipastikan naik.

“Kalau naiknya bisa sampe 100 ribu, kita yang kulakan bingung juga jualannya berapa. Memang jelang Ramadhan harga di pasar naik. Kalau harga naik semua, kita juga repot,” lanjut Wahyu.

Konsumen atau pembeli, tambah Wahyu kadang tidak mau tahu soal kenaikan harga tersebut. “Bagaimana caranya bisa dapat barang murah. Kita yang jualan kerepotan juga. Pembeli itu selisih 50 rupiah saja, pindah beli di toko lain. Repot kan,” ujar Wahyu.

Wahyu berharap harga-harga kebutuhan pokok di Ramadhan ini tidak usah naik turun. Karena itu juga akan merepotkan pedagang-pedagang kecil, seperti dirinya.

“Harganya kalau bisa diturunkan, seperti awal, sebelum naik. Supaya kita yang mracang juga dapat untung, dan bisa tetap berjualan. Kalau pembeli datang, ternyata kebutuhannya tidak ada, pindah beli di toko lain. Susah kita,” pungkas Wahyu.

Sementara itu, dari keterangan beberapa pedagang di Pasar Soponyono, Rungkut, harga bawang putih, Selasa (7/5/2019) dikisaran Rp70 ribu sampai Rp75 ribu per kilogram.

“Semoga sampai Lebaran harganya tidak naik lagi. Hari ini 70 ribu, semoga besok bisa turun, dan sampai Lebaran nanti harga bawang putih tidak naik. Bikin pusing,” ungkap Fina warga Semolowaru.

Bawang putih masih menjadi komoditas dengan kenaikan harga terparah, dengan harga rata-rata di pasar tradisional se-Indonesia, antara Rp60 hingga Rp70 ribu per Kg. Harga tertinggi yakni di Banda Aceh yang menyentuh harga Rp95 ribu per Kg.

Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian pada Minggu (5/5/2019) mengatakan telah meminta importir dan kepala pasar menjaga agar harga bawang putih berada di kisaran Rp 25.000 hingga maksimal Rp 30.000 per kilogram jelang Ramadan. (tok/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
33o
Kurs