Rabu, 3 Maret 2021

Dradjad : Pemakzulan Trump Tak Berpengaruh Pada Perekonomian Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Drajad Wibowo. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dradjad Hari Wibowo Ekonom dari Sustainable Development Indonesia (SDI) menjelaskan, isu pemakzulan Donald Trump Presiden Amerika Serikat tidak akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

Kata Dradjad, tidak berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia karena pemakzulan Trump baru sebatas DPR nya Amerika Serikat (House of Representatives), belum sampai ke Senat.

“Pemakzulan Trump tidak akan berpengaruh banyak terhadap perekonomian Indonesia. Kenapa? Pertama, karena Trump baru dimakzulkan oleh House of Representatives, DPR-nya Amerika Serikat. Setelah ini Trump harus diadili di Senat,” ujar Dradjad kepada suarasurabaya.net, Sabtu (21/12/2019).

Menurut dia, Trump baru dicopot jika 2/3 suara Senat melengserkannya. Padahal, Senat dikuasai Republik dan mereka sudah berkali-kali menentang pemakzulan. Mereka akan mempertahankan Trump sebagai Presiden.

“Jadi Trump tetap Presiden Amerika Serikat hingga Desember 2020. Nanti bulan November 2020 ada pilpres, dan saat itu baru diketahui siapa Presiden untuk periode 2020-2024,” jelasnya.

Kedua, kata Dradjad, perekonomian Indonesia sendiri sebenarnya banyak mengalami kelemahan dari sisi domestik. Selama ini, selalu faktor global yang dijadikan kambing hitam. Defisit perdagangan yang tinggi, faktor global disalahkan. Padahal ada masalah besar domestik yang menjadi penyebab struktural dari pembengkakan defisit. Diantaranya adalah kegagalan kebijakan peningkatan produksi domestik di banyak sektor termasuk pertanian dan pangan, kurangnya kebijakan yang pro industri dalam negeri, lemahnya daya saing dan ketergantungan berlebihan terhadap ekspor komoditas.

Dengan kondisi di atas, menurut Dradjad, ketika ekonomi Amerika sempat naik di jaman Trump, Indonesia masih bermasalah. Apalagi saat Amerika mengalami downturn (penurunan).

“Karena itu, sangat krusial bagi pemerintah memperbaiki masalah struktural domestik di atas. Trump lengser atau tidak, nggak ngaruh positif buat kita selama masalah di atas tidak diperbaiki,” pungkas Dradjad.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Surabaya
Rabu, 3 Maret 2021
25o
Kurs