Senin, 6 Mei 2024

Digitalisasi ASDP Akan Mengubah Wajah Penyeberangan Laut

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peresmian aplikasi pemesanan dan pembelian tiket kapal penyeberangan (feri) secara daring oleh Erick Thohir Menteri ESDM, Sabtu (25/7/2020). Foto: Antara

Digitalisasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), menurut Erick Thohir Menteri BUMN, akan mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern.

“BUMN selaku penyedia jasa wajib memberi kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai bagian dari world class service. ASDP salah satu yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern melalui digitalisasi pembelian tiket secara elektronik dengan aplikasi Ferizy,” ujarnya dikutip Antara, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Erick, Ferizy adalah bagian dari program digitalisasi ASDP yang dapat mengubah budaya pengguna jasa penyeberangan terutama dalam reservasi dan pembelian tiket secara online.

Melihat gaya hidup masyarakat yang cenderung bertransaksi secara elektronik maka e-ticketing menjadi suatu solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa.

Erick meresmikan layanan pembelian tiket ferry daring Ferizy di Terminal Eksekutif Merak, Banten, Sabtu (25/7/2020) bersama Budi Karya Sumadi Menhub dan Wishnutama Kusbandio Menparekraf.

Peresmian itu juga disaksikan Ira Puspadewi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Tbk Ahmad Solichin Lutfiyanto Direktur Jaringan dan Layanan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Amos Sampetoding Direktur Operasional PT Jasa Raharja, Edi Witjara Direktur Enterprises dan Business Service PT Telkom Indonesia, dan Ferry Febriarto Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero).

Ferizy adalah layanan tiket berbasis online yang dapat diakses pengguna jasa melalui website www.ferizy.com atau aplikasi di ponsel pintar.

Sejak diterapkan 1 Mei 2020 di empat pelabuhan utama ASDP, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk, antusiasme pengguna jasa ferry membeli tiket online melalui Ferizy terus meningkat.

Berdasarkan data Juni-Juli, rata-rata transaksi di 4 pelabuhan pada hari biasa (weekday) sebanyak 20 ribu transaksi per hari, sedangkan pada akhir pekan (weekend) sebanyak 21 ribu transaksi per hari.

Kehadiran Ferizy menjadi bagian peningkatan pelayanan bagi wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dalam mobilitas antarpulau di Indonesia. Terlebih di era industri 4.0 saat ini yang juga semakin terdorong pandemi, di mana disrupsi digital lebih cepat dari yang seharusnya terjadi.

Sementara itu, Edi Witjara Direktur Enterprise & Business Telkom mengatakan, Telkom sebagai BUMN telekomunikasi berperan aktif mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Salah satunya melalui kerja sama dengan ASDP.

“Telkom menghadirkan solusi pemesanan dan pembayaran tiket hanya dalam 1 aplikasi terintegrasi yang bahkan mampu menampung hingga 200 transaksi per detik dengan dukungan infrastruktur jaringan dan data center yang kuat,” katanya.

Dia berharap, solusi ini dapat menjamin ketersediaan dan kecepatan layanan demi kenyamanan dan kemudahan pengguna transportasi kapal penumpang.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs