Sabtu, 28 Mei 2022

Jokowi Kembali Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Pelaku UMKM

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi memberikan bantuan modal kepada pelaku UMKM, Rabu (16/12/2020), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Rabu (16/12/2020), kembali menyerahkan bantuan modal kerja Rp2,4 juta bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

Acara penyerahan berlangsung dalam dua sesi pertemuan, di Halaman Tengah Istana Kepresidenan, Jakarta.

Di hadapan 60 pelaku usaha, Presiden mengatakan bantuan tersebut untuk meringankan beban semasa pandemi Covid-19.

“Hari ini saya serahkan bantuan modal kerja dalam rangka memberikan tambahan kepada Bapak/Ibu semuanya dalam rangka membantu karena situasi Covid yang sangat sulit. Saya kira semua yang hadir di sini merasakan itu,” ujarnya.

Presiden menambahkan, situasi yang dialami tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga dirasakan sebagian besar negara-negara di dunia.

Kepala Negara berharap para pelaku usaha, khususnya usaha mikro dan kecil, tetap bisa menjalankan usahanya dan menjaga semangat berusaha sampai keadaan berangsur normal.

“Saya ingin titip agar dalam kondisi seperti ini harus tahan banting, tahan uji, tahan terhadap tekanan yang sulit sehingga nanti pada suatu titik normal kita sudah kembali pada omzet keuntungan seperti pada keadaan normal,” tuturnya.

Sekadar diketahui, acara penyerahan kali ini untuk para pelaku usaha mikro dan kecil dari DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Sebagian besar dari mereka menjalankan aktivitas sebagai pedagang kaki lima, pedagang keliling, pedagang pasar, dan pedagang rumahan yang sebelum hadir menerima bantuan dari Presiden telah melalui uji kesehatan yang diperlukan serta menerapkan protokol kesehatan ketat selama acara berlangsung.

Selain memberikan bantuan modal kerja, Presiden juga mengajak para pelaku usaha mikro dan kecil mulai memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan usaha.

Presiden mengatakan, di tengah situasi pandemi yang mengharuskan orang-orang untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah, perilaku konsumen mengalami perubahan dengan lebih sering memanfaatkan pasar daring untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka.

Hal tersebut harus mulai dapat dilihat secara jeli dan berupaya menyambut peluang perubahan yang ada.

“Saya mengajak semua untuk yang pengusaha mikro, kecil, dan menengah itu mulai belajar untuk masuk ke online. Barangnya apa pun,” ucapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara penyerahan tersebut Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan dan Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden.(rid/iss/lim)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
27o
Kurs