Jumat, 26 April 2024

Jokowi Presiden Tinjau Progres Pembangunan Proyek Terminal Multifungsi Labuan Bajo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden disambut Viktor Laiskodat Gubernur NTT setibanya di Bandara Komodo, dalam rangka kunjungan kerja, Kamis (1/10/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (1/10/2020), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kunjungan kerja spesifik itu dilakukan Jokowi sesudah tadi pagi memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.

Presiden beserta rombongan terbatas berangkat ke NTT sekitar pukul 9.15 WIB, menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Turut mendampingi Presiden antara lain Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Mayjen TNI Suharyanto Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Komandan Paspampres, dan Ari Dwipayana Staf Khusus Presiden.

Salah satu agenda kerja RI 1 di NTT adalah meninjau perkembangan proyek pembangunan Terminal Multifungsi Labuan Bajo yang sedang digarap PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

Sebelumnya, Jokowi Presiden pernah meninjau terminal yang termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, pada tanggal 20 Januari 2020.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden juga punya agenda memberikan bantuan modal kerja untuk para pelaku usaha mikro dan kecil di daerah NTT.

Rencananya, sesudah acara penyerahan bantuan modal kerja, Presiden dan rombongan terbatas langsung menuju Bandara Komodo, kemudian terbang kembali ke Jakarta.

Seperti diketahui, Labuan Bajo merupakan salah satu dari 10 ‘Bali Baru’ yang diproyeksikan menjadi ujung tombak pariwisata nasional.

Untuk mewujudkan visi itu, pemerintah terus membangun jaringan jalan, mempercantik lokasi wisata, dan menjadikan pelabuhan lama Labuan Bajo khusus untuk penumpang.

Sedangkan terminal kargo atau peti kemas, dialihkan ke Terminal Multifungsi Labuan Bajo yang pembangunan dan pengelolaannya dipercayakan kepada Pelindo III, sesuai penugasan Kementerian Perhubungan dalam mendukung KSPN Labuan Bajo.

Pengerjaan pembangunan terminal itu menggunakan skema tahun jamak (multiyears). Untuk tahap awal Terminal Multifungsi Labuan Bajo ditargetkan selesai pada Desember 2020.

Lokasi Terminal Multifungsi Labuan Bajo berjarak sekitar 19 menit dari Bandara Komodo, dan sekitar 30 menit dari pelabuhan lama Labuan Bajo.

Terminal Multifungsi Labuan Bajo dibangun untuk mendukung sektor pariwisata dan logistik, khususnya di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.(rid/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs