Jumat, 19 April 2024

Kemlu Dorong Ekspor Kopi Indonesia ke Amerika Utara dan Jerman

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petani Kopi Lumajang memetik biji kopi. Foto: Sentral FM

Kementerian Luar Negeri RI mendorong pelaku industri kopi Indonesia untuk mempromosikan dan menjual kopi dari biji berkualitas dalam negeri ke niche market (pasar terbatas) Amerika Utara dan Jerman.

Mahendra Siregar Wakil Menteri Luar Negeri RI menyebut pemerintah berupaya meningkatkan industri kopi nasional agar lebih kuat dan berkelanjutan di era pascapandemi, dalam temu bisnis virtual, Selasa (22/12/2020), mengenai potensi pasar kopi di kedua wilayah.

“Pelaku industri kopi nasional perlu memanfaatkan masa pandemi dengan berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan technology, sustainability, dan traceability (teknologi, keberlanjutan, dan keterlacakan–red),” kata Mahendra, dikutip dari keterangan Kemlu RI oleh Antara, Kamis (24/12/2020).

Ia juga meminta pelaku usaha kopi untuk memperluas pasar, terutama dengan produk kopi dari biji berkualitas atau specialty coffee Indonesia yang “dikenal di mancanegara sebagai salah satu yang terbaik di dunia.”

Mane Alves pakar kopi asal Amerika Serikat (AS), dalam kegiatan temu virtual yang sama mengatakan, pendidikan dan pemasyarakatan kopi penting bagi pelaku usaha Indonesia–dan mereka juga perlu didorong untuk ikut serta dalam kompetisi internasional.

Pada kegiatan tersebut pula, para pengusaha kopi Indonesia berkesempatan menjalin dialog bisnis dengan para importir dari Amerika Utara dan Jerman.

Untuk tahun 2021 mendatang, Kemlu RI akan menjalankan Diplomasi Kopi Indonesia dalam sejumlah kegiatan serupa, termasuk business matching dan familiarization trip, yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional pascawabah.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs