Selasa, 16 April 2024

Mengenal Bisnis Sedekah Ternak Kambing

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Komunitas Debu Langit kembali membuat gebrakan baru. Kali ini sebuah inovasi bisnis yang patut dipertimbangkan untuk diikuti. Foto: Istimewa

Komunitas Debu Langit mengembangkan bisnis baru dengan konsep sedekah. Uniknya, bisnis sedekah ini menggunakan ternak kambing. Apa itu bisnis sedekah ternak kambing?

Erwien Kusumawan Founder Komunitas Debu Langit mengatakan, bisnis sedekah ini mekanismenya sangat mudah dan sederhana. Pertama, memberikan satu atau dua ekor kambing betina terbaik super sebagai indukan kepada setiap keluarga untuk diternak.

“Biasanya, konsep bisnis kambing pada umumnya konvensional adalah 1 banding 1. Artinya, kalau kambing tersebut beranak 2, maka masing-masing akan mendapatkan 1 bagian, kalau beranak 4 otomatis masing-masing dapat 2 bagian. Begitu seterusnya,” kata dia.

Hewan kambing, kata Erwien, biasanya melahirkan setahun 2 kali atau minimal 4 anakan. Karena konsep bisnis ini adalah sedekah ternak kambing, maka konsep konvensional dalam bisnis ini tidak berlaku.

“Konsep ‘Bisnis Sedekah Ternak Kambing’ ala Debu Langit ini berbeda. Si pemilik kambing hanya akan mengambil 1 kambing saja setiap tahunnya yang akan dimulai pada tahun kedua. Satu kambing tersebut tidak untuk diambil tetapi langsung menjadi hewan qurban, ketika hari Raya Idul Adha,” kata dia.

Intinya, lanjut dia, peternak hanya berkewajiban memberi atau menyediakan 1 kambing saja untuk menjadi hewan qurban atas nama pemilik. Begitu seterusnya setiap tahun.

“Hewan Qurbannya juga tidak harus dibawa ke rumah pemilik. Tetapi akan kita qurban-kan di daerah di mana peternak tersebut tinggal. Sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar,” tambahnya.

“Lalu jatah apa yang akan diterima oleh pemilik kambing? Ini sebuah bisnis sedekah. Artinya, biarkan menjadi sedekah kita untuk mereka. Insya Allah jika para wajib zakat dan ahli sedekah memberi 1 kambing untuk peternak miskin, mereka akan bisa hidup jauh lebih baik dan sedekah kita menjadi makin nendang,” ujarnya.

Erwien mengungkapkan, saat ini sudah ada 10 kambing yang didistribusikan ke desa Lumbang Kuning, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Sedikitnya, sudah ada tiga peternak yang sudah menjadi mitra Debu Langit untuk program ini.

Menurutnya, bisnis sedekah ini memiliki tujuan jangka panjang bagi mereka yang bergabung. Sedangkan tujuan utamanya adalah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat miskin di pedesaan. Dia berharap, akan ada banyak mitra lagi yang bisa dibantu.

“Hanya saja yang menjadi tantangan dalam mengembangkan inovasi bisnis sedekah ternak kambing sekarang bukan pada ketersediaan kambingnya. Tetapi mencari peternak kambing yang amanah dan benar-benar membutuhkan bantuan. Nah, disitu lah kita akan berikan kambing untuk diternakkan sehingga bisnis sedekah ternak kambing bisa berkembang sesuai tujuan utamanya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Debu Langit adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial keagamaan, dan hadir sudah 3 tahun belakangan. Anggotanya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan membawa motto “siapapun bisa berdonasi, siapapun boleh beraksi”. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs