Minggu, 27 September 2020

Pelindo 3 Terapkan Transaksi Non Tunai untuk Putus Mata Rantai Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu pemanfaat jasa pelabuhan ketika menggunakan transaksi non tunai di gerbang masuk pelabuhan Tanjung Perak. Foto: Istimewa

Demi mendukung jaga jarak fisik (phisycal distancing) di tengah Pandemi Covid-19, Pelindo 3 berupaya memutus mata rantai penularan virus dengan menambahkan metode pembayaran non tunai di gerbang masuk pelabuhan.

“Opsi pembayaran non tunai untuk pengguna jasa di kawasan Pelindo 3 sudah ada sejak 2016. Memasuki new normal ini kami perbarui supaya bisa membaca kartu dari beberapa bank penerbit,” ujar U Saefudin Noer Direktur Utama Pelindo 3.

Saat ini, sejumlah gerbang pintu masuk pelabuhan Tanjung Perak telah terpasang sistem Security Access Module (SAM) multi applet. Sebuah pengayaan fitur e-port yang mampu melayani transaksi non tunai baik dari E-Money, Tapcash, Brizzi, dan Flazz.

“Pelindo 3 jadi satu-satunya BUMN non Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang sudah menerapkan pemasangan SAM multi applet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan menjadi yang pertama memakai single reader,” kata Saefudin.

Sebelumnya, Pelindo 3 hanya bekerja sama dengan bank-bank BUMN untuk transaksi nontunai di pintu gerbang pelabuhan. Dengan single SAM multi applet atau single reader, kartu non tunai dari beberapa bank bisa digunakan di pelabuhan.

Banyak keuntungan dengan transaksi non tunai. Bagi masyarakat, transaksi menjadi lebih praktis, karena tidak perlu menyiapkan uang pas dan pembayaran hanya dengan sistem tapping. Masyarakat juga tidak perlu menyimpan uang pecahan kecil.

Selain itu, risiko salah hitung jumlah uang kembalian juga semakin berkurang. Lalu antrean di gerbang pelabuhan yang berisiko penularan Covid-19 akibat berdesakan atau melalui peredaran uang tunai bisa dikurangi.

“Transaksi non tunai lebih nyaman, karena lebih cepat dan praktis. Saya juga menghindari uang tunai karena takut uang yang sudah beredar ke mana-mana itu ada covidnya,” ujar Trama, salah satu pelanggan jasa kepelabuhanan.

Selanjutnya, penerapan single reader ini juga akan dilakukan di semua Pelabuhan Pelindo 3. Baik Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kupang.(den/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Minggu, 27 September 2020
34o
Kurs