Jumat, 29 Maret 2024

Pemerintah Akan Percepat Transformasi UMKM ke Online di Normal Baru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Belanja daring.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan mempercepat transformasi digital bisnis UMKM dari offline ke online karena sejumlah UMKM mengalami pertumbuhan positif setelah terhubung dengan ekosistem digital di masa normal baru atau New Normal.

“Dengan demikian program prioritas pemerintah seperti yang diminta Joko Widodo Presiden, transformasi dari offline ke online UMKM ini akan kami percepat,” ujar Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM dalam diskusi daring yang dilaporkan Antara, Jumat (12/6/2020).

Menurut Menkop UKM, ada sejumlah UMKM yang tumbuh dengan baik terutama UMKM yang telah terhubung dengan marketplace online. Menurut data Bank Indonesia, pelaku UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital hingga Mei 2020 tumbuh 18 persen.

“Sayangnya ini baru 13 persen UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital, sedangkan 87 persen UMKM lainnya masih berada di ranah offline,” kata Teten.

Selain itu, lanjut dia, UMKM yang mengalami pertumbuhan juga melakukan inovasi dan beradaptasi dengan situasi baru. Diperkirakan banyak UMKM yang beralih membuat produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

“Saya kira penjualan yang sangat tinggi yakni kebutuhan pokok termasuk makanan dan minuman, juga kebutuhan-kebutuhan pribadi yang berkaitan dengan kesehatan,” katanya.

Dengan produk-produk baru tersebut para pelaku UMKM dapat memproduksi makanan siap saji dengan kemasan yang lebih baik serta bisa diperjualbelikan secara online, dan juga makanan beku dan sebagainya.

Jadi ada inovasi-inovasi dan mungkin ke depan inovasi tersebut akan menjadi penting sebab beberapa rekan e-commerce memprediksi akan ada perubahan perilaku konsumen yang kemungkinan lebih senang berbelanja melalui online.

“Kalau saat ini pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman produknya tetap terjaga, saya kira memang tren ke depan itu akan menjadi penting untuk disikapi oleh teman-teman UMKM,” kata Teten Masduki.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs