Kamis, 28 Maret 2024

Pemerintah Tidak Pilih-Pilih Investasi, yang Penting Masuk

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bahlil Lahadalia Kepala BKPM (kiri) saat berkunjung ke pabrik alat kesehatan PT Multi One Plus di Gunung Putri, Bogor. Foto: BKPM/Antara

Bahlil Lahadalia Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini pemerintah tidak memilih-milih investasi, karena yang terpenting investasi tetap masuk ke Indonesia.

Dalam webinar soal relokasi investasi di tengah Covid-19, Selasa (4/8/2020), Bahlil Lahadalia mengatakan meski saat ini Indonesia membutuhkan investasi dengan teknologi tinggi dan berorientasi ekspor, di sisi lain dibutuhkan pula investasi yang dapat menciptakan lapangan kerja.

“Jadi kalau kita pilih-pilih, sekarang dengan Covid-19, yang penting investasi masuk. Lapangan kerja kita bisa ciptakan,” kata Bahlil Lahadalia seperti dilaporkan Antara.

Bahlil Lahadalia menjelaskan investasi merupakan kunci utama penciptaan lapangan kerja. Dengan demikian, tidak ada cara lain bagi Indonesia untuk mendorong penyerapan tenaga kerja selain dengan investasi. Begitu pula yang terjadi di negara lainnya.

Mantan Ketua Umum Hipmi itu juga menyebut saat ini ada 7 juta penduduk Indonesia yang sedang mencari lapangan pekerjaan, di samping ada 2,5 juta angkatan kerja tersedia. Di sisi lain, kondisi Covid-19 juga telah menyebabkan 7 juta hingga 8 juta pengangguran baru sehingga total ada sekitar 17 juta orang yang kini siap mencari pekerjaan.

“Dalam posisi seperti ini, negara mana pun pasti akan mendorong investasi karena investasi adalah pintu untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” kata Bahlil Lahadalia.

Menurut Bahlil, tanpa investasi tidak mungkin 17 juta penduduk ini bisa terserap dari penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan BUMN. Maka, lanjutnya, upaya mempercepat penyerapan tenaga kerja melalui investasi menjadi jalan yang harus ditempuh pemerintah.

Lebih lanjut, sebagai lembaga yang berada di garda terdepan untuk mengawal masuknya investasi masuk ke Tanah Air, BKPM mengidentifikasi lima sektor investasi yang akan didorong ke depan yaitu industri alat kesehatan, energi, pertambangan dan hilirisasinya, manufaktur, dan infrastruktur.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs