Jumat, 29 Maret 2024

Pertalite Seharga Premium Ada di 11 Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pertamina memberikan promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium lewat Program Langit Biru di 211 SPBU bertanda khusus promo PLB, di 11 kabupaten/kota di Jawa Timur. Foto: Pertamina

Pertamina memberikan promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium yaitu Rp6.450 per liter. Promo bertajuk “Program Langit Biru” ini berlaku di 211 SPBU bertanda khusus promo PLB, di 11 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Ahad Rahedi Section Head Communication & Relation Pertamina Marketing Region Jatimbalinus melalui keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020), mengatakan, Program Langit Biru (PLB) merupakan wujud dukungan Pertamina kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

“PLB berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning,” ujar Ahad.

Pekan lalu, PLB telah digulirkan di wilayah Kabupaten Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Banyuwangi, dan Kota Malang.

Selanjutnya, pada Sabtu (14/11/2020), PLB juga akan dimulai di Kota Surabaya sebanyak 61 SPBU, Kab. Sidoarjo di 46 SPBU, di Kab. Tuban sebanyak 6 SPBU, dan untuk Kab. Malang di 34 SPBU.

Sedangkan wilayah yang memulai pada Minggu (15/11/2020) lusa, yaitu di Kota Probolinggo sebanyak 5 SPBU, Kota Situbondo di 10 SPBU, Kota Lumajang di 7 SPBU, di Kab. Trenggalek sebanyak 9 SPBU, Kab. Tulungagung di 28 SPBU, di Kab. Pacitan sebanyak 2 SPBU, dan Kota Blitar di 3 SPBU.

Ahad menjelaskan, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number atau disingkat RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. “Karena itu Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” kata Ahad.

Menurut Pertamina, PLB juga berpengaruh pada perubahan indeks kualitas udara (Air Quality Index atau AQI) yang semakin baik. Ditunjukkan dengan nilai yang semakin kecil.

Di Kota Denpasar sebelum PLB dijalankan, indeks kualitas udara di Denpasar yang tercatat di iqair.com rata-rata di angka 67. Hingga Tanggal 3 November 2020 yang lalu, tercatat rerata mulai dari 30 hari sebelumnya, indeks kualitas udara di Kota Denpasar turun ke angka 56.

Tren yang sama juga teramati di Kota Malang. Di Kota Malang, sebelum PLB dijalankan (5/11/2020), tercatat indeks kualitas udara di angka 72. Sepekan setelah PLB berjalan (12/11/2020) indeks kualitas udara Kota Malang semakin baik dengan angka 48.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs