Sabtu, 4 Desember 2021

RS Husada Utama Surabaya Mendapat Bantuan Robot Raisa dari Pertamina

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tenaga medis RSHU Surabaya saat mencoba robot Raisa untuk meringankan penanganan Covid-19 di ICU. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) Surabaya mendapat bantuan satu unit robot Raisa untuk meringankan tenaga kesehatan (nakes) dalam penanganan Covid-19 dari Pertamina, Rabu (29/7/2020).

Dokter Didi D. Dewanto Direktur RSHU Surabaya mengatakan, robot nakes ini sesuai spesifikasinya akan digunakan untuk membantu nakes di ruang ICU.

“Jadi, di ICU itu tempat isolasi yang butuh kewaspadaan tinggi. Dengan bantuan ini, kami berterima kasih kepada Pertamina dan ITS. Dengan robot ini bisa membantu nakes kami mengurangi kontak langsung,” ujar Didi usai menerima bantuan secara simbolik.

Didi mengatakan, sejak menjadi RS rujukan Covid-19, para nakes sebagai garda depan di RSHU paling rentan terpapar Covid-19. Hingga empat bulan RSHU menangani Covid-19 beberapa nakes ikut terpapar secara dinamis.

“Sangat dinamis, sudah ada 10 nakes kami positif. Tapi kami tangani dengan isolasi, kami terapi, lalu isolasi mandiri, bisa sehat dan bekerja lagi. Alhamdulillah tidak ada yang gejala berat,” katanya.

Didi berharap, dengan adanya bantuan robot Raisa ini bisa meringankan nakes dalam menangani pasien. Hingga sekarang masih 125 pasien Covid-19 yang terus ditangani.

“Kami sudah dapat training untuk tim IT, perawat juga sudah ditraining. Operasionalnya robot ini cukup satu orang. Ada hal-hal yang tidak bisa dikerjakan robot, ada yang cukup dikerjakan robot seperti pemberitahuan minum obat bisa dilakukan robot. Lalu monitor infus bisa menggunakan robot,” katanya.

Sementara itu, Rustam Aji Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V mengatakan, selama ini Pertamina membantu Pemda dan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19. “Seminggu lalu kami bantu senilai Rp2 miliar ke Pemkot Surabaya berupa APD lengkap, rapid test. Ini sudah 5 bulan kami terus komitmen,” katanya.

Rustam mengatakan, selanjutnya Pertamina akan membantu di sektor ekonomi dan pendidikan. Pertamina dan Pemkot Surabaya sedang merencanakan bantuan beasiswa untuk anak yang keluarganya terdampak Covid-19.

“Kami juga akan melanjutkan bantuan paket ekonomi. Kami juga diskusi dengan Pemkot Surabaya dalam menyiapkan beasiswa bagi anak yang keluarganya terdampak Covid-19,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
30o
Kurs