Jumat, 29 Maret 2024

Prosedur Baru, AP II: Penumpang Harus di Bandara 4 Jam Sebelum Terbang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemeriksaan suhu tubuh di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto : Istimewa

Bandara PT Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru untuk keberangkatan, di mana penumpang harus sudah berada di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Muhamad Wasid Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (9/5/2020), mengatakan prosedur baru itu dijalankan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

“Prosedur baru dalam memproses keberangkatan penumpang itu ditetapkan guna memastikan terpenuhinya ketentuan dan syarat di dalam SE No. 4/2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan SE No. 31/2020 yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,” katanya seperti dilansir Antara.

Ia menyampaikan prosedur baru dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detail. Calon penumpang pesawat diminta sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Prosedur baru ini juga dapat terlaksana karena koordinasi intensif dari seluruh stakeholder kebandarudaraan seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI dan Polri, otoritas bandara, maskapai, dan pihak lainnya,” ujar Muhamad Wasid.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, prosedur baru juga sudah diimplementasikan bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H.

Pemerintah telah mengizinkan kembali penerbangan niaga berjadwal rute domestik sejak 7 Mei 2020 guna mengatasi Covid-19 di Indonesia.

Penumpang diperbolehkan melakukan perjalanan dengan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi, seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sejalan dengan dibukanya penerbangan guna mengatasi Covid-19 ini, bandara-bandara PT Angkasa Pura II, menetapkan prosedur baru untuk keberangkatan penumpang.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs