Jumat, 19 April 2024

Usulan UMK 2021 di 38 Kabupaten/Kota Sudah di Meja Gubernur, Buruh Ring 1 Usul Naik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ribuan massa buruh dari berbagai daerah di Jawa Timur berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (19/11/2020) mulai siang sampai sore. Foto: Abidin suarsurabaya.net

Himawan Estu Bagijo Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim memastikan semua usulan upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2021 sudah masuk di meja Gubernur Jatim.

Sebanyak 38 kabupaten/kota telah menyodorkan kepada Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim. “Usulan semua masuk,” ujar Himawan dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

Dari 38 kabupaten/kota yang sudah masuk itu, kata dia, hanya 17 daerah mengusulkan kenaikan UMK pada 2021. Sisanya, sebanyak 21 daerah lainnya tetap sama dengan besaran Tahun 2020.

Sayangnya, Himawan tak merinci mana saja daerah yang mengusulkan tetap maupun kenaikan. Namun, untuk Ring 1 dirinya menyebutkan seluruhnya kompak mengusulkan kenaikan UMK. “Ring 1 kompak naik. Saya tidak mau sebut (berapa usulannya)” tegasnya.

Himawan memilih bungkam terkait rincian usulan kenaikan UMK tahun 2021. Ia menyarankan agar menunggu sampai finalisasi pada Jumat 20 November 2020 besok. “Besok sudah final. Besok siang ditandatangani,” bebernya.

“Sudah selesai. Besok pagi rapat dewan pengupahan untuk di finalisasi. Besok ditandatangi,” imbuhnya.

Sementara itu, di depan Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya ribuan massa aksi masih terus berdatangan hingga pukul 18.00 WIB. Mereka menyerukan kenaikan besaran UMK tahun depan.

Jazuli Juru Bicara Aliansi Serikat Buruh Jatim mengatakan, estimasi massa yang akan turun ke jalan dalam unjuk rasa ini sebanyak 10 ribu orang.

Buruh, kata Jazuli, bakal mendesak Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mempertimbangkan kenaikan UMK sebesar Rp 600 ribu.

“Kenaikan upah harus dapat meningkatkan daya beli guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang sedang lesu akibat pandemi. Sehingga kenaikan upah tidak hanya sekadar nominalnya saja yang bertambah,” kata dia.(bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs