Senin, 6 Desember 2021

Ribuan Buruh Minta UMK 2021 Naik Rp600 Ribu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ribuan massa buruh dari berbagai daerah berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (19/11/2020). Foto: Anton suarsurabaya.net

Ribuan massa buruh dari berbagai daerah mulai berdatangan di depan Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (19/11/2020). Buruh yang dari Gresik datang dari arah utara dengan menyalakan flare begitu memasuki Jalan Pahlawan. Lalu disusul buruh dari wilayah lainnya yang datang dari sisi selatan Jalan Pahlawan.

Setelah sampai di Jalan Pahlawan, mereka menata barisan dan menggelar mimbar aspirasi dengan berorasi secara bergantian dari mobil komando masing-masing yang diarahkan ke Kantor Gubenur Jatim.

Penjagaan aparat kepolisian juga dilakukan dengan ketat. Kawat berduri dipasang disepanjang depan kantor Gubernur Jatim. Di sekitar lokasi juga standby mobil water canon. Di depan massa aksi juga dijaga petugas dengan membentangkan spanduk berisi imbauan agar aksi damai dan tertib.

Unjuk rasa aliansi buruh hari ini diikuti 15 Federasi dan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Jawa Timur.

Jazuli Juru Bicara Aliansi Serikat Buruh Jatim mengatakan, estimasi massa yang akan turun ke jalan dalam unjuk rasa ini sebanyak 10.000.

Tujuan utama aksi demonstrasi ini adalah mengawal penetapan UMK Jatim 2021. Sebagaimana regulasi yang ada, penetapan UMK 2021 selambat-lambatnya pada 20 November 2020.

Buruh, kata Jazuli, bakal mendesak Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim agar mempertimbangkan tambahan kebutuhan buruh selama pandemi dalam penetapan UMK 2021. Tambahan kebutuhan pandemi Covid-19 itu mereka hitung nilanya Rp600 ribu.

Selain menuntut UMK 2021 mereka juga menyuarakan penolakan terhadap Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 6 Desember 2021
26o
Kurs