Rabu, 6 Juli 2022

DJKN Manfaatkan Teknologi Digital untuk Lelang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Lelang adalah satu di antara tugas dan fungsi lain Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang juga memegang peran aktif dalam perekonomian nasional.

Hal ini disampaikan Rionald Silaban Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dalam Acara Apresiasi Kekayaan Negara yang diselenggarakan secara daring, Senin (15/11/2021).

“Tidak hanya mengemban fungsi sebagai sarana pemindahtanganan Barang Milik Negara (BMN) dan sumber penerimaan negara, lelang juga menjadi solusi bagi pemulihan keuangan negara melalui penjualan barang rampasan dan sitaan. Selain itu lelang turut membantu penyelesaian non-performing loan perbankan dan mendukung fungsi intermediasi perbankan melalui lelang barang agunan serta membantu menggerakkan roda perekonomian,” ungkap Rionald.

Kata dia, kinerja lelang dalam lima tahun terakhir menunjukkan hasil yang meningkat dengan nilai pokok lelang sebesar Rp101,09 triliun serta penerimaan negara bukan pajak dari lelang sebesar Rp2,24 triliun. Minat masyarakat terhadap lelang khususnya lelang sukarela juga meningkat seiring dengan variasi objek yang ditawarkan.

Dalam menyelenggarakan lelang, Kemenkeu telah memanfaatkan teknologi digital dengan meluncurkan lelang.go.id sebagai one stop service lelang. Penggunaan teknologi memungkinkan layanan lelang diberikan secara digital melalui website mulai dari permohonan lelang, verifikasi, hingga monitoring.

Sementara Sri Mulyani Indrawati Menkeu menegaskan, dukungan DJKN dalam program pemulihan ekonomi nasional melalui lelang juga terlihat saat pelaku UMKM turut memanfaatkan website lelang.go.id dalam memasarkan produknya. Selain itu, DJKN juga melakukan kompetisi dan inovasi lelang produk UMKM atau kedai lelang UMKM pada tahun 2021.

“Tujuan kompetisi adalah untuk memberikan suatu kesempatan eksplorasi produk UMKM dan tentu bisa meningkatkan kerja sama bagi para UMKM yang terus kita dukung dan dorong agar mereka bisa menembus pasar tidak hanya di Indonesia tapi dunia,” ujar Sri Mulyani Indrawati.

Menkeu berharap DJKN dapat terus berinovasi dalam mengembangkan lelang sehingga menjadi salah satu bentuk market yang efisien, handal, dan membantu banyak pelaku ekonomi untuk bisa mendapatkan akses penjualan barang secara adil.(faz/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
28o
Kurs