Jumat, 19 April 2024

Dukung Kepastian Bisnis, SPIL Buat Terobosan Layanan yang Dibutuhkan Konsumen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Aktifitas layanan logistik di Pelabuhan. Foto: Istimewa

Perusahaan pelayaran peti kemas PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) meluncurkan layanan logistik yang saat ini dibutuhkan konsumen yakni SPIL Prime.

“Konsumen yang menggunakan layanan ini, akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti kepastian mendapat space kapal, kedatangan truk tepat waktu, jaminan kontainer siap pakai serta mendapatkan prioritas layanan di depo,” jelas Kusuma Soetemo, Commercial Director PT SPIL melalui keterangan resmi, Selasa (7/9/2021).

Kata Kusuma, layanan ini bisa menjadi alternatif bagi pelaku bisnis yang menginginkan kepastian dalam proses pengiriman barang secara efisien. Selain memberikan jaminan pada beberapa fitur layanan, SPIL Prime juga memberikan jaminan berupa money back guarantee dan penalti berupa potongan biaya jika SPIL tidak dapat memenuhi komitmen dari apa yang dijanjikan.

Menurutnya di tengah lonjakan volume pengiriman barang melalui angkutan laut, perusahaan pelayaran semakin dituntut untuk mengembangkan strategi dan layanan yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan pelaku bisnis. Mengingat dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perusahaan pelayaran juga menghadapi banyak tantangan.

“Bisnis logistik yang semakin dinamis membuat pelaku usaha membutuhkan layanan pengiriman barang yang mampu memberikan kepastian dan efisiensi. Apalagi di tengah sinyal pemulihan ekonomi yang terus menguat, volume pengiriman barang antar daerah dan antar pulau di sejumlah pelabuhan utama juga terus meningkat,” ungkapnya.

Sampai semester I 2021, pelabuhan-pelabuhan utama yang berada di dua BUMN Pelabuhan, yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan Pelindo III mencatat  arus peti kemas domestik sebanyak 1,97 juta Teus, meningkat double digit dibanding tahun 2020.

Kata Kusuma, SPIL merupakan salah satu perusahaan pelayaran nasional terbesar di Indonesia. Melayani lebih dari 38 pelabuhan tujuan, dengan armada kapal SPIL berkapasitas besar dan didukung sumber daya berpengalaman serta digitalisasi yang membuat proses pengiriman lebih mudah dan cepat.

Sejak diperkenalkan kepada konsumen di awal Juli 2021, layanan SPIL Prime mendapatkan respon yang positif dari pelaku bisnis. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh makin tingginya volume pengiriman barang. Digitalisasi ekonomi dan berkembangnya bisnis e-commerce terus memicu terjadinya kenaikan volume pengiriman barang melalui laut. Selain itu komoditas seperti bahan pokok dan bahan baku industri masih memegang peran utama dalam bisnis kargo domestik.

“Kami gembira melihat animo pelanggan-pelanggan kami sangat tinggi untuk menggunakan layanan SPIL Prime. Harapan kami, terobosan yang akan terus dilakukan SPIL akan mendukung terciptanya kepastian bisnis dan efisiensi di sektor logistik Indonesia, khususnya melalui angkutan laut,” ungkapnya.

“Momentum pemulihan ekonomi Indonesia yang tampak pada Triwulan II-2021 tumbuh sebesar 7,07 persen (yoy), tertinggi dalam 16 tahun terakhir terus menjadikan SPIL Prime pilihan dalam sektor logistik,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs