Jumat, 29 Maret 2024

Kapal Tanker Raksasa Pengangkut Minyak Pertamina Tiba di Indonesia

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Kapal tanker raksasa Pertamina Pride berkapasitas dua juta barel bersandar di Teluk Semangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (15/4/2021). Foto:Antara

Kapal tanker raksasa Pertamina Pride berkapasitas dua juta barel, bersandar di Teluk Semangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, setelah menempuh pelayaran dari galangan kapal Japan Marine United (JMU) Ariake Shipyard, Jepang sejak 9 Februari 2021.

Erick Thohir Menteri BUMN dalam siaran pers yang dikutip Antara, Kamis (15/4/2021), meresmikan kapal itu dan mengapresiasi upaya Pertamina melakukan transformasi, dengan menghadirkan value creation untuk menjadi perusahaan yang mendunia.

“Pertamina harus kembali ke masa kejayaannya di tahun 70-an, menjadi global player dan siap bersaing yang didasari oleh Good Corporate Governance,” kata Erick.

Kapal yang dibangun sejak 2018 di galangan JMU Ariake Shipyard ini, kapal tanker minyak mentah tipe dek tunggal, yang memiliki panjang 330 meter dan draft 21,5 meter.

Keunggulan kapal itu diantaranya, menggunakan teknologi super stream duct yang membuat kapal memiliki kecepatan 16,9 Knot, dan konsumsi bahan bakar efisien sampai 20-25 persen dibandingkan kapal sejenis dengan desain lama.

Selain itu, kapal juga telah memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional, yaitu IMO Annex VI Tier III yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulfur Oksida (SOx) dan Nitrogen Oksida (NOx).

Kapal tanker raksasa yang mempunyai kapasitas daya angkut besar itu, bisa memperkuat jaminan stok dan ketahanan energi nasional, sehingga bisa memberikan manfaat bagi Indonesia.

“Pemerintah mendukung penuh langkah Pertamina Internasional Shipping menjadi integrated logistic and marine solution company dan global player,” katanya.

Sementara itu, Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina mengatakan, pihaknya telah menginvestasikan modal dengan menghadirkan dua kapal, yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime, sejalan dengan arahan pemegang saham agar perseroan bisa mendunia.

“Kedua kapal ini akan melayani pasar luar negeri dan mengangkut crude dari Aramco ke Indonesia,” kata Nicke.

Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan feedstock kilang di dalam negeri, lanjut Nicke, kapal ini juga menjadi sarana tambahan dan penyimpanan bahan bakar minyak di pelabuhan. (ant/cus)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs