Jumat, 29 Maret 2024

Menparekraf: Bali Siap Uji Coba Buka Pariwisata untuk Wisatawan Mancanegara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Wisatawan memindai QR Code saat akan memasuki kawasan wisata Pantai Legian, Badung, Bali. Foto: Antara

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, saat ini Provinsi Bali sudah siap uji coba pembukaan sektor pariwisata untuk wisatawan mancanegara.

“Jadi Bali is ready. Kita akan diskusikan, kami akan evaluasikan minggu depan dan mudah-mudahan jika semua keadaan kondusif, kalau tidak ada aral melintang kami uji cobakan pada bulan depan,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno di kawasan Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (25/9/2021).

Dari hasil kunjungannya ke Bali selama dua hari pada 24-25 September 2021, dia menilai kesiapan industri, khususnya industri sektor pariwisata sudah semakin baik.

Kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 terus meningkat, dan kondisi Covid-19 di Bali makin terkendali.

“Ini yang membuat kami semakin optimistis. Minggu depan saat rapat koordinasi kami bisa berikan masukan agar pembukaan Bali kembali diuji coba pada bulan Oktober,” katanya.

Menurut dia, Kemenparekraf rencananya akan mengajukan Bali sebagai pulau sektor pariwisata di seluruh wilayahnya bisa dibuka bagi wisatawan mancanegara.

“Tapi tentunya jika keadaan belum memungkinkan kami konsepkan tiga green zone atau zona hijau di Sanur, Ubud, dan Nusa Dua. Itu yang kami persiapkan secara matang, penuh kehati-hatian, dan kewaspadaan,” ungkapnya.

Menparekraf menjelaskan, pihaknya menginginkan di Bali ada program peningkatan kemampuan pelaku pariwisata berupa upskilling dan reskilling.

Tujuannya, supaya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif punya komitmen dan pengetahuan untuk melakukan kegiatan pariwisata dengan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

“Nantinya kepatuhan terhadap protokol kesehatan selalu ada yang mengingatkan, mungkin juga mengintegrasikan Pecalang (petugas keamanan adat Bali) ke dalam monitoring dan evaluasi CHSE ini,” ujarnya.

Dalam dua hari kunjungannya di Pulau Dewata, Sandi melakukan sejumlah kegiatan. Di antaranya rapat rencana persiapan pembukaan Bali, mengunjungi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan di Karangasem dan Desa wisata Carangsari di wilayah Badung, serta mengunjungi Tuksedo Studio di Gianyar.

Selain itu, ia menghadiri kegiatan Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Gianyar, meninjau Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 Bali, dan menyerahkan sertifikat CHSE bagi pelaku usaha pariwisata di Bali.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs