Minggu, 3 Juli 2022

Objek Wisata di Pamekasan Sudah Buka Lagi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bukit Kehi, salah satu objek wisata di Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan yang selama ini sempat ditutup akibat pandemi Covid-19. Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Pamekasan mengizinkan pengelola objek wisata membuka kembali sejumlah lokasi wisata di wilayah itu setelah beberapa lama ditutup untuk menekan kasus Covid-19.

“Kami sudah menyampaikan surat edaran ke masing-masing pengelola objek wisata tentang ketentuan ini,” kata Totok Hartono Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, sebagaimana dilansir Antara, Minggu (29/8/2021).

Ia menjelaskan, kebijakan memperbolehkan dibukanya kembali objek wisata bagi wisatawan itu karena kondisi di Pamekasan sudah membaik. Namun, kata Sekda, para pengelola objek wisata tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baik tersedianya tempat mencuci tangan dengan air mengalir serta memperhatikan kapasitas tampung objek wisata. Sementara, pengunjung harus menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

“Ketentuannya sama, yakni (pengunjung) tidak boleh lebih dari 50 persen (dari daya tampung). Pengelola juga harus menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, tempat cuci tangan, atau hand sanitizer,” katanya.

Pemkab Pamekasan sudah mengeluarkan surat edaran tentang ketentuan itu untuk para pengelola objek wisata, juga para pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pamekasan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan agar melakukan pemantauan dan pengawasan secara langsung di sejumlah objek wisata yang ada di Pamekasan,” katanya.

Para pengelola objek wisata dan pengunjung tempat wisata yang abai pada penegakan disiplin protokol kesehatan akan mendapat sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 3 Juli 2022
25o
Kurs