Senin, 23 Mei 2022

Dinas Pendidikan Jatim Izinkan SMA/SMK di Wilayah PPKM Level 1-3 Gelar PTM

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Simulasi sistem pembelajaran kombinasi tatap muka dan online (Blended Learning yang diikuti 14 SMP di Kota Surabaya, Senin (7/12/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Dinas Pendidikan Jawa Timur memperbolehkan sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa yang berada di daerah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1 sampai 3 menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

“Daerah yang masuk kategori Level 1, 2, dan 3 silahkan melakukan PTM terbatas,” kata Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Selasa (24/8/2021).

Dia menekankan bahwa protokol kesehatan harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas di sekolah-sekolah yang berada di daerah PPKM Level 1 hingga 3.

Selain itu, dia menjelaskan, menurut ketentuan jumlah peserta pembelajaran tatap muka dibatasi 50 persen di SMA dan SMK dan 63 hingga 100 persen di sekolah luar biasa.

Wahid juga mengatakan bahwa sekolah diperbolehkan melaksanakan PTM terbatas jika mayoritas warga sekolah sudah mendapat vaksinasi Covid-19.

“Guru dan tenaga pendidik (yang sudah divaksinasi) rata-rata di atas 80 persen. Siswa relatif lebih kecil,” katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut instruksi dari  Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, izin pelaksanaan PTM terbatas diberikan ke sekolah yang mayoritas warga sekolah minimal sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis satu.

“Gubernur sudah mengusulkan ke pusat agar Jatim dikirimi vaksin Sinovac yang akan digunakan untuk siswa SMA/SMK,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini vaksinasi baru diberikan kepada sekitar 11 persen dari total 1,3 juta pelajar yang menjadi sasaran vaksinasi.

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai PPKM, di antara 38 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur ada 18 daerah yang menjalankan PPKM Level 4, 18 daerah yang menjalankan PPKM Level 3, dan dua daerah yang menjalankan PPKM Level 2.

Belum ada satu daerah pun di Jawa Timur yang masuk wilayah PPKM Level 1.

Di Jawa Timur, daerah yang melaksanakan PPKM Level 2 yakni Sampang dan Pamekasan.

PPKM Level 3 dilaksanakan di Kabupaten Pacitan, Sumenep, Probolinggo, Tuban, Jember, Bojonegoro, Situbondo, Bondowoso, Nganjuk, Lamongan, Gresik, Bangkalan, dan Sidoarjo; Kabupaten dan Kota Pasuruan; Kabupaten dan Kota Mojokerto; serta Kota Surabaya.

Sedangkan Tulungagung, Madiun, Malang, Madiun, Kediri, Blitar, Batu, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Jombang, Blitar, Banyuwangi, dan Lumajang termasuk daerah yang melaksanakan PPKM Level 4 di Jawa Timur. (ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
30o
Kurs