Senin, 6 Mei 2024

Pemkab Situbondo dan TN Baluran Kerja Sama Buka Wisata Pantai

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pantai Sijile, Situbondo. Foto: phishang.blogspot.com

Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan Taman Nasional Baluran untuk membuka akses ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan yang berdekatan dengan lokasi taman nasional tersebut.

Karna Suswandi Bupati Situbondo di Situbondo, Kamis (11/3/2021) menjelaskan sejumlah objek wisata pantai yang aksesnya harus melalui Taman Nasional Baluran adalah Pantai Merak, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Batu Hitam, dan beberapa wisata pantai lain yang lokasinya masih dalam satu kawasan.

“Mengenai teknis dalam hal ini dinas pariwisata, setiap satu minggu berkoordinasi dan rapat bersama pihak Taman Nasional Baluran. Tidak hanya MoU, tapi juga terkait perjanjian kerja sama,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Menurut ia, setelah perjanjian kerja sama dengan Taman Nasional Baluran selesai dan disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, barulah pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk membangun akses menuju wisata Pantai Merak Baluran dan lainnya.

“Setelah perjanjian kerja sama selesai dan disetujui oleh kementerian, apa saja yang boleh kami bangun (infastruktur), maka akan segera dibangun infrastrukturnya,” kata Bung Karna, sapaan akrabnya.

Harapan membuka akses melalui Taman Nasional Baluran ke Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, itu, kata Karna, dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan Taman Nasional Baluran.

“Tentunya, pertumbuhan ekonomi warga yang tinggal di Dusun Merak akan lebih baik dan tumbuh pesat dengan dibukanya akses ke sejumlah objek wisata pantai yang masih alami dan memesona itu,” tuturnya.

Bupati Karna Suswandi menambahkan, dengan membuka akses ke wisata pantai di kawasan Dusun Merak yang dihuni ratusan jiwa itu, harapannya menjadi tempat wisata penyangga di ujung timur Pulau Jawa.

“Di kawasan tersebut banyak sekali destinasi wisata yang masih alami dan sangat potensial untuk dikembangkan. Selain itu, tempat wisata satu dengan yang lainnya jaraknya berdekatan,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs