Jumat, 29 Maret 2024

25 Bank akan Bergabung dalam BI-FAST Gelombang Keempat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Perry Warjiyo, Gubernur BI dalam Pengumuman Hasil RDG BI Bulan Agustus 2022 di Jakarta, Selasa (23/08/2022). Foto: Antara

Bank Indonesia melanjutkan akselerasi transaksi BI-FAST melalui penambahan peserta dan implementasi pada layanan kebanksentralan.

Pada tanggal 29 Agustus 2022, Bank Indonesia akan menambah peserta baru BI-FAST gelombang keempat sebanyak 25 bank yang terdiri dari 2 peserta langsung dan 23 peserta tidak langsung (Lampiran 3).

“Dengan penambahan tersebut, total peserta BI-FAST mencapai 77 dan mewakili 85 persen pangsa sistem pembayaran ritel nasional,” kata Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia, Selasa (23/8/2022) dalam keterangan resmi Bank Indonesia.

Lebih lanjut, Perry mengatakan, Bank Indonesia juga menambah layanan kebanksentralan melalui BI-FAST untuk mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial, serta sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus mendorong implementasi dan pengembangan layanan BI-FAST antara lain cross border retail payment, serta memperkuat sinergi kebijakan dengan pelaku industri, untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mendorong pertumbuhan, serta inklusi ekonomi dan keuangan,” ujarnya.

Adapun bank yang tergabung dalam BI-FAST gelombang keempat di antaranya Bank BTPN, Bank Capital Indonesia, Bank CTBC, Bank Jago UUS, Bank Mayapada, Bank Muamalat, Bank Seabank, Maybank Indonesia dan sejumlah Bank Pembangunan Daerah.(dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs