Selasa, 5 Juli 2022

Bahlil: Tesla Akan Bangun Pabriknya di Batang Jawa Tengah Tahun 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden (kiri) berbincang dengan Elon Musk CEO Tesla saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan “Tesla Inc” sebuah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat, bakal berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut merupakan hasil dari pertemuan Joko Widodo Presiden Jokowi dengan Elon Musk CEO Tesla Inc, Sabtu (14/5/2022). Rencananya, Tesla akan berinvestasi pada ekosistem baterai mobil dan mobil listrik di Indonesia, dengan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah pada tahun 2022 ini.

“Batang akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” ujar Bahlil, dalam konferensi virtual yang disiarkan Youtube Kementerian Investasi (19/5/2022), seperti dikutip Antara.

Bahlil bercerita mengenai awal pendekatan pemerintah dengan Tesla dan Foxconn. Ia mengatakan, dirinya bagi tugas dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan. Meski demikian, Ia masih enggan menyebut nilai komitmen dengan perusahaan milik Elon Musk itu.

“Kalau ditanya kapan masuknya, Insyaallah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggu lah, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Berapa investasinya, masih juga dirahasiakan, masih tunggu. Tapi ini barang bagus, barang gede,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bahlil mengaku mendapat banyak pertanyaan soal investasi, terlebih setelah pertemuan Presiden dengan CEO Tesla itu.

Menurut Bahlil, Jokowi Presiden sendiri yang meminta agar Tesla dan Foxconn (sebuah produsen elektronik multinasional yang berkantor pusat di Taiwan) bisa masuk dan berinvestasi di Indonesia. Ia pun mendapat tugas untuk merayu Foxconn, sementara Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi diminta merayu Tesla.

“Rayuan kita, gombalan kita waktu itu Foxconn lolos, masuk. Yang Tesla masih tarik ulur. Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden, kemarin Tesla insya Allah akan masuk ke Indonesia,” katanya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs