Senin, 29 April 2024

Bank Indonesia Jatim Layani Penukaran Uang Rupiah untuk Lebaran Mulai 4 April 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Budi Hanoto Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Timur saat talkshow di Radio Suara Surabaya, Jumat (1/4/2022). Foto: Tim Redaksi suarasurabaya.net

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (Jatim) membuka layanan penukaran uang untuk momen Ramadan dan Lebaran tahun ini mulai hari Senin 4 April 2022.

Budi Hanoto Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Timur mengatakan, masyarakat dipersilakan menuju Bank Indonesia atau bank lain untuk mendapatkan uang rupiah dalam pecahan berapapun.

“Mulai tanggal 4 April sudah mulai dibuka penukaran baik di BI maupun di perbankan manapun. Masyarakat silakan ke bank, at any pecahan kita sediakan. Semakin kecil juga kami sediakan termasuk yang logam,” kata Budi saat ditemui suarasurabaya.net di Suara Surabaya Centre, Jumat (1/4/2022).

Budi menambahkan, uang kas sebanyak Rp23 triliun disiapkan untuk masyarakat Jawa Timur menyambut Ramadan dan lebaran tahun ini. Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu sebanyak Rp11,5 triliun. Sementara untuk Kota Surabaya, dana yang dialokasikan yaitu sebanyak Rp12 triliun.

“Kami di BI Jatim sudah mengkoordinasikan dengan perbankan. Kami minta mereka untuk mengestimasi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri karena bank kan punya behavior penarikan uang oleh masyarakat. Setelah dilakukan estimasi penarikan uang oleh masyarakat, bank kemudian mengajukan ke BI. Kalau di Surabaya selama periode Ramadan dan Idulfitri tambahannya Rp12 triliun dan Jatim Rp23 triliun,” ujarnya.

Dari kiri ke kanan: Irma Widya Manager Marketing Suara Surabaya Media, Budi Hanoto Kakanwil BI Jatim, Wahyu Widodo Direktur Bisnis SS Media, berfoto bersama di Communal Space lantai 3 Suara Surabaya Centre, Jumat (1/4/2022). Foto: Tim Redaksi suarasurabaya.net

Penukaran uang untuk lebaran nantinya, kata Budi, tersedia di 290 titik di Surabaya. Nantinya juga akan tersedia penukaran uang secara drive thru yang dibuka tiap hari Sabtu dan Minggu.

Budi mengimbau masyarakat agar tidak menukarkan uangnya ke jasa penukaran uang yang biasanya menjamur di pinggir jalan.

“Kalau mau melakuan penukaran di bank, jangan menukar di orang yang melakukan jasa seperti itu. Ngantre sedikit tidak apa-apa, dan setiap bank kami dorong melayani masyarakat secara total silakan ke BI,” kata Budi.

Ia juga memastikan stok uang rupiah untuk momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini aman.

“Stoknya dipastikan aman, di Surabaya Rp12 triliun, Rp23 triliun di Jawa Timur,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs