Jumat, 29 Maret 2024

Bertemu PM Ceko, Jokowi Presiden Tekankan Kerja Sama Ekonomi dan Pertahanan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI, Rabu (14/12/2022), melakukan pertemuan bilateral dengan Petr Fiala Perdana Menteri Republik Ceko, di Kota Brussels, Belgia. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Rabu (14/12/2022), melakukan pertemuan bilateral dengan Petr Fiala Perdana Menteri Republik Ceko, di Kota Brussels, Belgia.

Pada kesempatan itu, Presiden Indonesia mengucapkan terima kasih atas simpati Pemerintah Republik Ceko terkait tragedi gempa bumi magnitude 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

Kemudian, Jokowi memberikan dukungan atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini, bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN dengan Uni Eropa.

“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN-Uni Eropa,” ucap Jokowi mengawali pembicaraan.

Sejumlah isu penting yang dibahas kedua pemimpin negara antara lain kerja sama ekonomi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta kerja sama Indo-Pasifik.

Jokowi mendorong supaya Indonesia Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) segera diimplementasikan, dan investasi Ceko mulai masuk dalam waktu dekat.

“Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” sebutnya.

Di bidang pertahanan dan industri strategis, Presiden RI berharap peningkatan kerja sama antara lain dengan produksi bareng, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

Lebih lanjut, Jokowi mengundang Ceko hadir pada acara Indo-Pacific Infrastructure Forum di Indonesia tahun 2023.

Sekadar informasi, Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar sesudah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS). Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa tahun 2021 mencapai 268,9 miliar Dollar AS.

Sementara itu, investasi asing langsung Uni Eropa ke negara-negara ASEAN tahun 2021 mencapai 26 miliar Dollar AS.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs