Jumat, 19 April 2024

Desa Wisata Menjadi Program Unggulan Kemenparekraf

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani prasasti Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, sebagai 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu (3/7/2022). Foto: Antara

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyebut desa wisata menjadi program unggulan Kemenparekraf. Hal ini dikarenakan selama masa pandemi Covid-19, desa wisata justru menjadi pilihan para wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga kepada pers, usai mengukuhkan Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, sebagai 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu (3/7/2022).

“Kami berkomitmen desa wisata menjadi program unggulan. Demokratisasi dari wisata ini adalah memberikan dampak pariwisata berkeadilan, karena desa wisata yang merasakan seluruh masyarakat langsung,” kata Sandiaga Uno dilansir Antara.

Menparekraf menuturkan, para pelaku seni dan budaya selalu merasakan manfaat setiap kali ada kunjungan di desa wisata. Ia mencontohkan Desa Wisata Sembungan yang setiap tahun dikunjungi 250 ribu wisatawan, langsung berdampak pada perekonomian masyarakat di sana.

Sandiaga Uno menyampaikan besarnya harapan masyarakat pasca pandemi Covid-19, yakni terkait pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, sehingga Indonesia tak hanya mampu bertahan, tetapi berkembang menjadi negara yang mandiri.

Dalam kesempatan tersebut, saat disinggung terkait dukungan untuk maju dalam pemilu yang semakin ramai pada dirinya dari masyarakat, Sandiaga justru menjawab bahwa hal tersebut sebagai amanah. Namun hal terpenting dibalik kontestasi lima tahunan itu, menurutnya, adalah kesejahteraan masyarakat, kebangkitan ekonomi, serta terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja.

“Pada intinya masyarakat antusias, seperti yang dilihat saat ini karena ada kebangkitan ekonomi dan kebangkitan ekonomi itulah yang diperlukan untuk dijaga momentumnya sampai nanti saat pergantian kepemimpinan,” kata Sandiaga Uno.

Menurut dia, pencapaian atas kebangkitan ekonomi bakal mewarnai kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Oleh karena itu, sesuai dengan harapan masyarakat, ia yang berada dalam pemerintahan kini tengah fokus memulihkan ekonomi lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs