Kamis, 25 April 2024

Disbudpar: Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jawa Timur Naik Drastis di 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Wisata Kawah Ijen. Foto: Wikipedia

Hudiono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur menyebut kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jatim selama tahun 2022 naik drastis.

“Kunjungan wisman tahun 2022 naik hingga 5.000 persen. Dari 652 kunjungan wisman di Bandara Juanda secara kumulatif pada September 2021, sekarang 34.470 wisatawan,” ujar Hudiono saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Jumat (30/12/2022).

Ia menambahkan, sepanjang bulan September 2022 kurang lebih ada 9.152 kunjungan wisman yang masuk ke Jawa Timur, ini merupakan kunjungan terbanyak sejak Maret 2020 yang sempat turun karena pandemi.

“Ini sangat kita syukuri sebagai upaya Jatim untuk bisa bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengatakan, destinasi wisata favorit wisatawan saat di Jawa Timur di antaranya Alas Purwo, Bromo Tengger Semeru, Kawah Ijen, Air Terjun Tumpak Sewu Semeru, Kampung 3D dan Kampung Warna-Warni di Malang, Monumen Kapal Selam, Monumen Tugu Pahlawan, hingga Mirota Batik.

Hudiono juga meminta agar masyarakat yang hendak menuju tempat wisata untuk mewaspadai cuaca ekstrem, mengingat prakiraan BMKG terkait potensi hujan sedang hingga lebat di penghujung tahun.

Pihaknya memastikan telah berkoordinasi dengan Forkopimda Jatim terkait ini.

“Dari beberapa rapat koordinasi bersama Forkopimda memang kondisi alam sudah dipantau terkait pergerakan cuaca. Ada beberapa yang bisa dilaporkan seperti terkait adanya penutupan tempat wisata, antisipasi, pergerakan pengurangan jumlah wisatawan sudah dilakukan early warning system,” pungkasnya.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs