Sabtu, 27 April 2024

Disperindag Jatim Harapkan GIIAS Surabaya Dorong Ekonomi Hingga Sektor Turunan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Drajat Irawan Kadisperindag Jatim, Rabu (14/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series Surabaya 2022 resmi dibuka, Rabu (14/9/2022) hari ini. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur (Disperindag Jatim) berharap, kegiatan ini mampu mendorong ekonomi hingga ke sektor turunan.

Itu diungkapkan oleh Drajat Irawan Kepala Disperindag Jatim, usai turut membuka seremonial dan berkunjung ke booth-booth pameran. Menurutnya, pameran ini tidak hanya menggerakkan industri otomotif, tetapi juga berpengaruh hingga ke sektor turunannya.

“Otomotif GIIAS Surabaya 2022 ini memberikan semangat bagaimana kemudian ketika ada industri otomotif maka akan ada turunannya seperti industri komponen. Diharapkan dari pameran ini, ada pergerakan otomotif sentra-sentra komponen seperti di Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, yang pada akhirnya dapat porsi untuk komponen. Spionnya, listrikannya, mudah-mudahan jadi satu tanda ekonomi Jatim tumbuh lagi,” kata Drajat Irawan.

Terlebih berdasarkan data terakhir, ekspor industri otomotif di Jawa Timur mengalami surplus pada tahun 2021.

“Belum lagi data ekspor otomotif di Jatim surplus, tumbuh 24,61 persen, di 2021. Artinya ini tinggal kita tunggu triwulan kedua ini. Artinya bahwa yang dimaksud ini di sini termasuk komponennya apa itu velg, listrikannya,” tambahnya.

Dengan begitu, secara tidak langsung akan mendorong perekonomian di Jatim. Drajat Irawan melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mengapresiasi segala kegiatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya di sektor industri.

“Ini mengindikasikan bahwa akan mendorong ekonomi Jatim. Karena sesungguhnya satu dari lima industri Indonesia ada di Jatim. Sehingga event-event ini akan mendorong ekonomi. Dari situ pemprov mengapresiasi berbagai agenda yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor industri baik agro khususnya di bidang transportasi,” pungkasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs