Jumat, 10 Mei 2024

GoTo Alokasikan Saham Gotong Royong 310 M untuk Mitra Pengemudi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kevin Aluwi-CEO Gojek bersama para mitra driver saat HUT Gojek. Foto: laman resmi PT Gojek Indonesia

PT GoTo (Perusahaan kolaborasi Gojek dan Tokopedia) telah menyediakan dana hingga Rp310 miliar untuk para mitra pengemudinya, sebagai bagian Program Saham Gotong Royong.

Dalam program ini, perusahaan memberikan saham secara cuma-cuma kepada seluruh mitra pengemudi setia dan memenuhi syarat di Indonesia. Hal ini dilakukan tepat satu minggu sebelum pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Andre Soelistyo CEO Grup Goto dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2022) mengatakan, langkah ini merupakan bentuk apresiasi kepada para mitra kepada para mitra pengemudi yang telah turut bekerja sama membangun ekosistem GoTo dari awal.

“GoTo ingin setiap orang dalam ekosistem dapat menikmati buah kesuksesan mereka dan terus bersama-sama mendorong kemajuan dalam jangka panjang serta di saat yang sama meningkatkan dampak sosial yang telah kita ciptakan bersama,” ujarnya.

Dalam Program Saham Gotong Royong ini, penerima manfaat program mencakup berbagai kriteria mitra pengemudi, mulai dari driver GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan GoBox.  Kriteria tersebut juga ditentukan berdasarkan beberapa faktor, di antaranya durasi kemitraan dan status aktif mitra pengemudi, yang teryata hampir diikuti seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia.

Mitra GoTo pada Paparan Publik GoTo, Selasa (15/3/2022). Foto: Humas GoTo

Untuk pengemudi yang terdaftar sebagai mitra sejak tahun 2010 hingga 2016 akan berkesempatan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo, sementara yang terdaftar sejak 2017 sampai tahun ini akan menerima 1000 lembar saham.

Saham tersebut akan diterima oleh mitra pengemudi setelah berakhirnya delapan bulan periode lock-up, dihitung sejak pernyataan pendaftaran IPO GoTo telah dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan OJK Nomor 22/POJK.04/2021. GoTo sendiri telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK pada tanggal 30 Maret 2022 lalu.

Program Saham Gotong Royong GoTo menjadi salah satu program kepemilikan saham paling inklusif di dunia saat ini, yang tidak hanya memungkinkan mitra pengemudi untuk menerima manfaat ekonomi bebas biaya dari IPO GoTo, namun juga mengikutsertakan mitra pedagang dan konsumen.

Selain Program Saham Gotong Royong, Perusahaan kolaborasi tersebut juga menginisiasikan GoTo Future Fund, sebuah dana abadi (endowment fund) yang bertujuan untuk mendukung pencapaian target komitmen sustainability Three Zeroes (Zero Emission, Zero Waste, dan Zero Barrier).

Termasuk di antaranya meningkatkan mobilitas sosial ekonomi dan kualitas hidup para mitra di dalam ekosistem perusahaan, serta anggota masyarakat luas di wilayah tempat perusahaan beroperasi.

Untuk pembentukan dana abadi tersebut, GoTo telah mengalokasikan 9.350.044.200 lembar saham seri A, dengan nilai sebesar Rp3,1 triliun. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs