Sabtu, 27 April 2024

Gubernur BI: Rupiah Termasuk Mata Uang Paling Stabil di Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Perry Warjiyo Gubernur BI menyampaikan laporan kepada Jokowi Presiden terkait stabilitas nilai tukar Rupiah, Kamis (18/8/2022), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (BI) mengatakan, Rupiah termasuk mata uang yang nilai ukarnya paling stabil di dunia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Maka dari itu, BI selaku bank sentral terus berupaya menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah.

“BI terus melakukan stabilisasi nilai tukar Rupiah,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022), di Istana Negara, Jakarta.

Selain stabilisasi nilai tukar, BI juga mengelola likuiditas yang cukup dan masih bisa mempertahankan suku bunga acuan di level yang rendah, yaitu 3,5 persen untuk sementara waktu.

Kemudian, kebijakan BI lainnya adalah kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran, kebijakan pasar uang, kebijakan untuk UMKM, dan kebijakan ekonomi keuangan syariah masih diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“BI akan terus mengarahkan kebijakan-kebijakan untuk memastikan stabilitas inflasi, stabilitas nilai tukar Rupiah, dan bersama mendorong pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gubernur BI mengapresiasi Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), dan seluruh menteri, para gubernur, bupati, dan wali kota yang bekerja ekstra untuk mengendalikan inflasi.

Dia menegaskan, perlu langkah bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional.

Beberapa faktor tersebut bukan cuma penting buat pemulihan ekonomi, tapi juga dalam rangka memperkuat kesejahteraan rakyat.

Mulai Agustus 2022, BI dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menginisiasi suatu gerakan di beberapa daerah untuk mengendalikan inflasi pangan

“Gerakan itu merupakan wujud komitmen bersama untuk segera mengatasi tingginya inflasi pangan. Sehingga, bisa menjaga daya beli masyarakat,” tandasnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs