Kamis, 25 April 2024

Hadir di World Economic Forum 2022, Mendag RI Targetkan Pemulihan Ekonomi Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan (Mendag) RI. Foto: Istimewa

Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan (Mendag) RI akan melakukan pertemuan dengan pengusaha global berbagai negara, serta mempromosikan Presidensi G20 Indonesia, dalam Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF), 22-26 Mei 2022, di Davos, Swiss.

Menurut Mendag, Indonesia menargetkan forum internasional tersebut bisa menghasilkan solusi berbagai masalah global yang sedang terjadi, demi mewujudkan pemulihan ekonomi dunia.

“Kunjungan kerja ke Swiss untuk menghadiri WEF 2022 merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia. Bukan cuma dengan mitra kerja pemerintah, tapi juga dengan pelaku usaha global. Melalui WEF 2022, kami juga berharap bisa menemukan solusi dari tantangan global yang dihadapi seperti pandemi global, perang Rusia-Ukraina, guncangan geo-ekonomi,hingga perubahan iklim,” ujar Lutfi lewat keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Sekadar informasi, WEF merupakan ajang bertemunya pemimpin dunia, pelaku bisnis, politik, cendekia, dan media terpilih dari seluruh dunia.

Dalam forum itu, para pemangku kepentingan saling bertukar pandangan untuk menyelesaikan permasalahan global sekaligus membuka peluang bisnis untuk meningkatkan perdagangan dan investasi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

WEF 2022 mengangkat tema “History at a Turning Point: Govermnet Policies and Business Strategies“.

Rencananya, Mendag RI akan menjadi panelis dan menyampaikan kata penutup pada sesi Country Strategy Dialogue on Indonesia.

Sejumlah isu yang akan dibahas pada Country Strategy Dialogue on Indonesia yaitu Presidensi G20 Indonesia; Trade, Investment, dan Industry Working Group (TIIWG), Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023; serta ekonomi digital ASEAN.

Selain itu, Lutfi dijadwalkan menghadiri ajang Indonesia Night yang digelar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI di sela-sela agenda WEF 2022.

Lewat ajang itu, Indonesia akan menunjukkan keramahan dan prospek bisnis dengan menyajikan sejumlah tarian tradisional, lagu-lagu daerah, hidangan nusantara, serta menampilkan informasi perkembangan investasi.

Di akhir kunjungan kerjanya, Lutfi menjadi panelis pada sesi Assessing the Role of the Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Trade Agreement.

Pada sesi itu, Mendag RI akan membahas tentang Peran Persetujuan RCEP pertumbuhan ekonomi Indonesia, regional, dan dunia.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs