Jumat, 3 Mei 2024

Industri MICE Gandeng Asosiasi Lembaga dan Kadin Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
(Kiri ke kanan) Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jatim, Boediono Direktur Decorintex. Kunto Project Officer Debindo, saat menghadiri Technical meeting Pameran Decorintex di Graha Kadin Jatim, Surabaya, Selasa (6/9/2022). Foto: Kadin Jatim

Pada semester II tahun 2022 industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) di Jatim sudah mulai menggeliat melalui banyaknya event atau pameran yang telah digelar. Mulai dari pameran perhotelan, pariwisata, industri perikanan dan kelautan, pameran UMKM, pameran batik dan bordir, manufaktur hingga pameran industri agro.

Dadan Kushendarman, Direktur Utama Debindo Mitratama yang juga menjabat sebagai Penasehat Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Jatim mengatakan, dalam keadaan sekarang ini Indonesia masih bisa terus bangkit dan bertumbuh. Walaupun dengan semakin naiknya harga berbagai kebutuhan dan jasa, termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM) agar roda ekonomi tetap berjalan.

“Industri MICE harus mengkreasi pameran, masih banyak peluang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berkolaborasi dengan banyak pihak termasuk dengan berbagai asosiasi. Walaupun event Decorintex ini kami laksanakan dengan berdarah-darah, kita tetap optimistis. Kita gandeng banyak asosiasi dan lembaga, termasuk Kadin Jatim,” ungkap Dadan, saat menghadiri Technical Meeting Pameran Decorintex di Graha Kadin Jatim, berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (6/9/2022).

Ia juga berharap, industri MICE Jatim akan terus berkembang dan semakin banyak yang mampu bermain di level nasional. Karena pelaku EO Jatim yang mampu bermain di level nasional masih sangat kecil, hanya sekitar 6 perusahaan saja.

Selain itu, menurutnya SDM harus ditingkatkan melalui sertifikasi profesi. Karena ketika akan mengikuti lelang, pasti yang dilihat itu SDMnya, apakah sudah ada yang tersertifikasi di semua lini ataukah belum, termasuk dalam hal sertifikasi di lini logistik.

Sementara Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jatim menegaskan pentingnya persepsi positif yang terbangun dalam pemikiran semua masyarakat bahwa Indonesia bisa terus bangkit dan bertumbuh.

“Kita dorong semua. Dan pameran Decorintex ini akan memberikan dampak positif. Kita memang tidak dalam kondisi baik-bain saja. Tetapi kita harus terus bergerak membangun kekuatan ekonomi baru dunia. Dan pameran ini sangat penting bagi kita untuk mengenalkan produk dan inovasi baru kepada pasar dan ditransaksikan,” tegasnya.

Sebagai informasi, pameran Dekorasi, Interior, Arsitektur dan Furniture atau Decorintex, akan digelar pada tanggal 21-25 September 2022 di Grand City Surabaya.

Boediono, Direktur Decorintex mengatakan bahwa Decorintex adalah pameran dekorasi, interior, arsitektur dan furniture skala nasional terbesar di Indonesia. Pameran yang digelar ke-8 kalinya ini akan menjadi wadah bagi stakeholder dan peserta, baik dari perusahaan bahan bangunan, interior, furniture untuk memamerkan produk dan inovasi mereka.(des/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs