Jumat, 26 April 2024

Kapolri Ajak Pengusaha Muda Kawal Kebijakan Ekonomi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri acara Forum Bisnis Sidang Pleno Hipmi di Bali, Jumat (18/3/2022). Foto: Istimewa

Jenderal Listyo Sigit Prabowo  Kapolri minta kepada seluruh pengurus maupun anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk mengawal serta mendukung seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

“Menjadi tantangan kita untuk sama-sama mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2022. Memang betul-betul harus kita jaga, agar terus bisa tumbuh di atas angka lima persen. Karena menjadi syarat kita, bisa terlepas dari yang biasa disebut Middle Income Trap,” kata Kapolri  di acara Forum Bisnis Sidang Pleno Hipmi, di Hotel Trans Resort Bali. Jumat (18/3/2022).

Dia juga kembali mengingatkan pernyataan Jokowi Presiden ketika Rakernas Hipmi pada 2021. Saat itu, presiden menyatakan kader Hipmi pasti bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang. Membalikkan bencana pandemi Covid-19 menjadi sebuah kebangkitan ekonomi.

“Jadi ini sengaja saya mengingatkan kepada rekan-rekan. Saat ini, pemerintah sedang melakukan berbagai macam program pemulihan ekonomi nasional. Tentunya peran Hipmi melakukan berbagai hal untuk mendukung program-program tersebut. Mulai dari sosialisasi, bagaimana mengembangkan upaya usaha-usaha dengan UMKM, sampai e-commerce. Kemudian penyaluran KUR dan juga kegiatan FGD serta talkshow yang tentunya nanti melahirkan pengusaha baru,” ujar Sigit.

Menyikapi pernyataan Kapolri tersebut, Rois Sunandar Maming Ketua Umum BPD Hipmi Jatim mengungkapkan, pemulihan ekonomi menjadi salah satu prioritas yang berjalan beriringan dengan pemulihan sektor kesehatan. Namun dia berharap para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan dunia usaha terus berkolaborasi untuk mengakselerasi upaya-upaya membangkitkan ekonomi.

“Kita tetap optimistis bahwa pemulihan ekonomi bisa terus didorong di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Semangat Jatim Bangkit harus terus digelorakan dan dibumikan melalui berbagai langkah bersama,” ujar Rois, Sabtu (19/3/2022).

Rois mengatakan,  BPD Hipmi Jatim sebagai bagian dari pemangku kepentingan bidang ekonomi siap bergerak bersama mempercepat pemulihan ekonomi. Hipmi siap menyumbangkan tenaga, waktu, dan pemikiran guna mendorong pemulihan ekonomi.

“Ke depan, kita dihadapkan pada situasi yang melahirkan optimisme sekaligus tantangan untuk bekerja keras. Pemerintah telah menerbitkan kebijakan pelonggaran aktivitas. Tentu ini menjadi momen positif untuk menggenjot perekonomian. Hipmi menyiapkan anggota serta program kerja yang bisa mendukung pemerintah dalam memulihkan ekonomi,” tegas  Rois.(man/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs