Sabtu, 20 Juli 2024

KKP Meluncurkan Aplikasi Si Kepiting Permudah Layanan Pembudi Daya Ikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, KKP, Tb Haeru Rahayu. Foto: Antara

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan Sistem Informasi Kinerja Pelayanan Berintegritas Inovatif No Gratifikasi (Si Kepiting) untuk memangkas birokrasi serta mempermudah layanan kepada pembudi daya ikan.

Melansir dari Antara, Tb Haeru Rahayu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat (12/8/2022), menyebutkan bahwa aplikasi ini mampu memangkas waktu layanan dari tiga hari menjadi satu jam.

Dia mengemukakan, aplikasi tersebut yang merupakan inovasi pelayanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) yang dikembangkan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, pembudi daya ikan dapat mengakses layanan bimbingan teknis, pendampingan teknologi, hingga penyediaan data pembudidayaan ikan.

Si Kepiting resmi diluncurkan dan sudah dapat diakses oleh masyarakat, namun masih akan melakukan tahap penyempurnaan agar terintegrasi dengan pusat data statistik, dan informasi (Pusdatin) KKP, untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan responsif.

“Kami apresiasi dengan launching Si Kepiting, sehingga kita bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Tebe, sapaan Tb Haeru Rahayu.

Sementara itu, Nur Muflich Juniyanto Kepala BPBAP Takalar menyampaikan nama Si Kepiting diambil karena kepiting merupakan salah satu komoditas unggulan dan sangat identik dengan BPBAP Takalar.

“Dengan adanya inovasi Si Kepiting, semoga dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi yang ada di BPBAP Takalar,” ujar Juniyanto. (ant/gat)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
22o
Kurs