Jumat, 26 April 2024

Konsumsi BBM dan Elpiji Diprediksi Meningkat Saat Mudik, Pertamina Pastikan Stok Aman

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Arya Yusa Dwicandra Section Head Communication Patra Niaga Jatimbalinus, Rabu (20/4/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Pertamina berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama BBM dan elpiji selama kegiatan mudik tahun 2022 yang diprediksi akan mengalami kenaikan.

Arya Yusa Dwicandra Section Head Communication Patra Niaga Jatimbalinus menyampaikan, diperkiraan akan ada kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 11 persen, elpiji sebesar 6 persen dan avtur sebesar 4 persen dari rata-rata harian normal.

Sementara untuk BBM jenis gasoil akan turun 1 persen menjelang Hari Raya Idufitri.

“Penurunan dikarenakan menjelang lebaran itu akan ada beberapa industri yang mungkin tutup atau libur jadi akan ada penurunan kemungkinan sebesar 1 persen,” kata Arya kepada suarasurabaya.net, Rabu (20/4/2022).

Arya mengatakan pihaknya berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama BBM dan elpiji selama kegiatan mudik tahun 2022 ini dengan menyiagakan stok di seluruh terminal BBM dan LPG serta menambah jam operasional di 256 SPBU serta 7.118 unit agen dan outlet LPG siaga.

“Kami juga telah mengaktifkan posko Satgas Lebaran Idulfitri semenjak 11 April hingga 10 Mei 2022 dengan beberapa layanan tambahan di jalur tol Trans Jawa dan juga jalur wisata seperti kios modular SPBU, motoris yaitu pengantar BBM atau elpiji untuk bisa langsung menyediakan BBM atau elpiji kepada konsumen, SPBU kantong yaitu mobil tangki yang stand by di SPBU Pertamina dan SPBU di tol Trans Jawa dan jalur wisata,” jelasnya.

Ditambah lagi,  enam terminal BBM dan elpiji yang siap melayani kebutuhan masyarakat melalui SPBU dan Stasiun Pengisian Pusat Bulk Elpiji (SPBBE) di wilayah Jawa Timur.

“Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan LPG selama mudik sehingga konsumen tidak perlu khawatir ketersediaannya,” kata Arya.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs