Kamis, 18 April 2024

Legislator Mengusulkan Tiket Langganan Suroboyo Bus untuk Pekerja dan Turis

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suroboyo Bus. Foto‌: Instagram/suroboyobus

Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan perbaikan di bisang transportasi massal, seiring berjalannya masa pemerintahan khususnya dalam hal ini adalah Suroboyo Bus.

Perkembangan transportasi massal tersebut turut mendapat perhatian dari William Wirakusuma DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia menyampaikan usulan adanya fasilitas tiket khusus untuk para pekerja serta turis.

“Saya percaya di tahun depan transportasi massal akan berkembang lebih baik lagi,” ujar anggota Komisi C itu, Sabtu (4/6/2022).

Untuk tiket pekerja tersebut, William mengusulkan agar harga tiket dibuat konsep langganan per bulan dan tidak sampai melebihi lima persen dari upah minimum kota (UMK) Kota Surabaya.

William menyampaikan agar tiket khusus turis dibuat tiket terusan selama tiga hari, sehingga turis atau wisatawan bisa menggunakan transportasi umum Surabaya, dengan sepuasnya selama tiga hari tersebut.

Usulan yang lain dari politisi PSI itu adalah menambahkan keuntungan pengguna tiket berlangganan. Misalnya, pada saat liburan atau akhir pekan, maka tiket tersebut bisa digunakan untuk empat orang.

“Dengan adanya tambahan keuntungan ini, maka para pekerja pada saat hari libur atau akhir pekan bisa mengajak keluarga untuk berakhir pekan bersama.” Jelasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota baru saja me-launching  sistem pembayaran terbaru untuk Suroboyo Bus, yakni tapping di dalam bus dengan berbagai E-Money. Sistem baru tersebut, dinilai membuat pembayaran menjadi lebih praktis.

William juga menyampaikan beberapa respon positifnya terhadap Suroboyo Bus yang sudah banyak mengalami perubahan. Menurutnya beberapa keberangkatan Suroboyo Bus kini sudah tepat sesuai jadwal. Selain itu, para pengemudi Suroboyo Bus juga sudah tertib dan tidak zig zag di jalanan dengan kecepatan bus di jalan juga selalu konstan maksimal 50 km/jam.

Kendati demikian, dirinya akan terus mengawasi perkembangan transportasi publik di Surabaya itu agar para pekerja dan turis menjadikan Suroboyo Bus sebagai top of mind saat berpergian ataupun berwisata di Kota Surabaya.

“Untuk warga Surabaya mari kita gunakan sebaik-baiknya Suroboyo Bus sebagai alat transportasi. Supaya kualitas udara Surabaya menjadi lebih baik dan macet di jalanan kota berkurang,” pungkasnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs