Sabtu, 20 April 2024

Libur Natal, 232.011 Penumpang Terbang Melalui Bandara Juanda

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana antrean penumpang di Bandara Udara Internasional Juanda, Minggu (25/12/2022). Foto: Humas Bandara Juanda.

Bandar Udara Internasional Juanda telah membuka Posko Pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejak Senin (19/12/2022). Setelah enam hari berjalan, atau hingga Sabtu (24/12/2022) total penumpang yang telah dilayani adalah 232.011 orang.

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda mengatakan, angka itu meningkat 58 persen jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, yang hanya sejumlah 146.908 penumpang.

Jika dirata-rata maka penumpang harian di periode posko tahun ini sejumlah 38 ribu penumpang per hari atau tumbuh 15 persen dibandingkan hari operasional biasa yakni sejumlah 33 ribu penumpang harian.

“Tren peningkatan jumlah penumpang terlihat sejak H-4 Natal sejumlah 39.058 penumpang, kemudian di hari berikutnya sejumlah 40.055 dan puncak pertama terjadi pada Jumat 23 Desember 2022 sejumlah 40.608 penumpang,” ungkap Sisyani Jaffar, Minggu (25/12/2022).

Sisyani menambahkan, tren pertumbuhan penumpang yang signifikan terjadi pada penumpang internasional. Sebab, pada periode posko tahun sebelumnya Bandara Internasional Juanda belum dibuka sebagai pintu gerbang penerbangan internasional.

Kata dia, penumpang internasional per hari Minggu ini mencapai lima ribu penumpang. Beberapa penumpang, kata Sisyani memanfaatkan libur akhir tahun dan libur sekolah untuk ke luar negeri.

“Rata-rata tujuan Singapura kemudian melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya via Bandara Changi,” ujarnya.

Pertumbuhan yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat, yang mana pada periode Posko tahun ini rata-rata harian berjumlah 267 pergerakan pesawat atau tumbuh 41 persen dibanding tahun sebelumnya yakni 190 pergerakan pesawat per hari.

“Mengantisipasi hal-hal tersebut kami telah memastikan fasilitas dalam kondisi siap untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru,” jelas Sisyani.

Selain memastikan kehandalan fasilitas, guna memeriahkan Natal Tahun 2022, Bandar Udara Internasional Juanda menghadirkan suasana berbeda di Terminal 1 melalui pemasangan booth dan balon gate dengan nuansa Natal di area ruang tunggu 5.

Selain melalui dekorasi, kemeriahan momen libur Natal juga bertambah dengan pembagian souvenir cokelat bagi penumpang anak-anak dan penampilan musik dari Nusantara Rhythm, sebuah grup musik asal Situbondo dengan aliran musik etnik yang memainkan perpaduan alat musik tradisional dan modern.

Upaya Bandara Juanda menghadirkan kemeriahan dan suka cita natal ini diapresiasi para pengguna jasa. Malik, penumpang tujuan Balikpapan merasa senang karena penampilan musik etnik jarang dilihatnya secara langsung.

“Seringnya melihat musik-musik pop dengan lagu-lagu yang populer. Tadi saya mendengar Indonesia Pusaka dikemas dengan iringan angklung, syahdu sekali,” ujarnya.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs