Kamis, 18 April 2024

Menkeu: Kepemimpinan Indonesia di ASEAN jadi Momentum Turunkan Tensi Politik Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sri Mulyani Menkeu. Foto: Antara

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan mengatakan, Keketuaan atau Chairmanship Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang dapat menjadi momentum menurunkan tensi politik dunia.

“Kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN akan menjadi pertaruhan terhadap kemampuan menurunkan konflik, tensi, dan meningkatkan kerja sama. Sebagai Chairmanship, Indonesia bisa mendorong kerja sama dan menurunkan tensi politik dunia,” ujar Sri Mulyani, seperti yang dikutip Antara, Senin (8/8/2022).

Seperti yang diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa Indonesia sebagai negara merdeka harus ikut bertanggung jawab dalam menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Sri Mulyani menyebut, negara yang tergabung dalam ASEAN akan membahas pemulihan pembangunan kembali, ekonomi digital, dan keberlanjutan yang relevan dengan tantangan ekonomi dan geopolitik saat ini.

“Kita akan terus mendukung dan mendorong agar kerja sama ASEAN tidak hanya terkait pembahasan kebijakan yang besar, tetapi juga mencakup dukungan dan afirmasi terhadap pelaku ekonomi terutama pelaku ekonomi berskala kecil,” katanya.

Indonesia juga perlu memaksimalkan manfaat globalisasi sebagai anggota ASEAN, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), apalagi penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 309 juta pada 2045 mendatang.

Karena itu, pemerintah terus memperbaiki infrastruktur kesehatan dan pendidikan Indonesia dengan mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahun untuk sektor pendidikan.

“Dengan mayoritas penduduk usia muda yang tinggal di perkotaan nantinya, Indonesia membutuhkan perencanaan ke depan yang disiapkan dari hari ini. Kita tidak bisa menjadi negara maju kalau tidak melakukan pekerjaan rumah membangun SDM, infrastruktur, birokrasi, dan transformasi ekonomi,” ucap Sri Mulyani. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs