Rabu, 8 Mei 2024

Menko Perekonomian Dorong Investasi Industri Otomotif untuk Pengembangan Kendaraan Listrik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Airlangga Hartarto Menko Perekonomian (kemeja putih) melakukan kunjungan kerja ke PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022). Foto: Kemenko Perekonomian

Industri otomotif terus mencatatkan kinerja yang memuaskan dan menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Meneruskan tren pemulihan dan mampu tumbuh hingga mencapai 10,26 persen pada kuartal ketiga 2022, sektor industri otomotif juga mampu menyerap tenaga kerja langsung dalam jumlah yang cukup banyak.

Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengatakan, Pemerintah Indonesia memberikan dukungan bagi industri otomotif Indonesia untuk bertransformasi sebagai pemain global dalam industri kendaraan listrik.

Sejalan dengan itu, pihaknya terus mendorong investasi untuk mendukung peluang pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran CEO dan Pimpinan, Direksi dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia atas produksi mobil listrik di Indonesia. Dengan teknologi elektrifikasi tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai Net Zero Emission,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

Pada kesempatan itu, Airlangga menyampaikan apresiasi atas penggunaan fasilitas latest VR Technology untuk mendukung pengembangan industri manufaktur di PT HMMI.

Apresiasi juga disampaikan Menko Perekonomian atas keterlibatan PT HMMI yang mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia melalui penyediaan mobil listrik.

“Kami mendorong agar elektrifikasi berhasil dan tentunya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Hyundai Motor. Saya melihat ini salah satu yang paling modern dan memikirkan kenyamanan pekerja,” imbuhnya.

Sesudah menyampaikan sambutan, Airlangga meninjau Pabrik PT HMMI yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 77,7 hektare.

Di situ, Menko Perekonomian
juga berkesempatan melakukan test drive salah satu mobil listrik keluaran Hyundai yaitu Ioniq Prime Xtend Black.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain Menteri Perindustrian, Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, Perwakilan Duta Besar Korea Selatan, Deputi bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, serta Staf Khusus Menko Perekonomian.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
32o
Kurs